Kepala BBWS-PJ Sulsel, Ir Adenan Rasyid,MT

BBWS-PJ Dorong Waduk Nipa-Nipa Jadi Ruang Publik

Rabu, 25 November 2020 | 20:35 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Rusli - GoCakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM— Waduk Nipa-Nipa bakal berfungsi ganda. Tidak hanya berfungsi mereduksi banjir. Waduk yang terletak di Antang, Makassar itu akan didorong menjadi ruang publik.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) Sulsel Ditjen SDA Kementrian PUPR RI, Adenan Rasyid mengatakan, Waduk Nipa-Nipa akan dikembangkan menjadi ruang publik terbuka.  Salah satunya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana olahraga.

“Konsepnya sudah jalan. Kita akan dorong Waduk Nipa-Nipa jadi ruang publik baru masyarakat,” ujar Adenan Rasyid kepada Go Cakrawala di ruang kerjanya, Rabu, (25/11/2020)

Sementara ini, pihak BBWS-PJ telah menata Waduk Nipa-Nipa. Di sepanjang Waduk Nipa-Nipa ditanam pepohonan. Selain itu, pelbagai fasilitas pendukung pun telah dibangun di Waduk Nipa-Nipa. Seperti taman dan tempat bermain anak-anak. Plus tempat ibadah.



“Ada musholla kita bangun. Taman bermain. Juga beberapa gazebo untuk istirahat. Lahan parkir kendaraan. Toilet dan pohon-pohon yang masih dalam tahap pertumbuhan,” urai Adenan.

Pria berkepala plontos asal Kota Palembang, Sumatera Selatan itu menerangkan, sebagai kolam regulasi, Waduk Nipa-Nipa selama ini berfungsi mereduksi debit banjir dan daerah genangan. Sebagian debit ditampung di kolam ini.

Namun sejak pandemi, Waduk Nipa-Nipa kerap dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat senam dan bersepeda, khususnya di akhir pekan. Karena itu, pihaknya juga akan menyiapkan ruang jogging track di Waduk Nipa-Nipa.

“Konsep saya infrastruktur selain berfungsi secara teknis, juga harus bernilai estetis dan humanis,” pungkas Adenan. (*)


BACA JUGA