Ilustrasi tes swab

Tes Swab Massal di 47 Puskesmas, 76 Spesimen Positif Covid-19

Rabu, 25 November 2020 | 16:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar terus melakukan tes swab di 47 puskesmas. Untuk saat ini, sebanyak 76 spesimen dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Layanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin. Ia mengatakan, hasil tersebut didapat dari 1000 sampel yang diperiksa.

“Dari 1000 virus transport media (vtm) yang terpakai, 76 dinyatakan positif,” ungkap dr. Ida sapaan akrabnya, Selasa (24/11/2020).

Lebih lanjut, Ida menyampaikan, 76 sampel yang dinyatakan positif tersebut akan diarahkan untuk isolasi mandiri, jika tempat tinggal memenuhi syarat. Sementara kalau tidak, akan diarahkan ke hotel wisata Covid.



“Pastinya isolasi mandiri. Mau hotel atau di rumahnya sendiri yang penting memenuhi syarat untuk isolasi mandiri,” ucapnya.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi risiko penularan. Setiap satu kasus positif terkonfirmasi, maka secepat mungkin harus segera dilakukan pencegahan. 

“Yang positif akan ditracing lagi keluarganya, datangi lagi rumahnya. Kalau ada ditemukan 1 kasus positif maka akan ditracking kembali paling tidak tidak menular ke tempat lain,” tandasnya.(*)


BACA JUGA