Ketua Dewan Pers Indonesia, Muhammad Nuh saat memberikan materi dalam Webinar Nasional Spesial Hari Guru Nasional LPM Profesi UNM yang digelar secara daring lewat platform Zoom, Sabtu (28/11/2020)

Jadi Pemateri Webinar LPM Profesi, Ketua Dewan Pers Bicara Soal Hakikat Manusia

Minggu, 29 November 2020 | 09:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua Dewan Pers Indonesia, Muhammad Nuh berbicara soal hakikat manusia. Menurutnya, dasar atau inti dari manusia ialah memperbanyak mengucapkan terima kasih. 

Hal tersebut disampaikannya saat membawakan materi dalam Webinar Nasional Spesial Hari Guru Nasional LPM Profesi UNM. Kegiatan dengan tema “Imaji Media untuk Pembangunan Manusia” ini digelar secara daring lewat platform Zoom, Sabtu (28/11/2020).

Ia juga menyebutkan bahwasanya manusia patut menjunjung tinggi sikap yang terus menerus ucap terima kasih. Belajar untuk budayakan berterima kasih merupakan hal yang penting dalam berkehidupan sosial. 

“Manusia memiliki akal, yang lebih spesial dari makhluk lainnya. Jadi poinnya harus belajar terus ucap terima kasih,” ujar Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Periode 2009-2014 ini.

Lebih jauh, ia menambahkan, guru berperan penting dalam membentuk karakter bangsa. Kelak yang akan memimpin dan membawa arah kebijakan bangsa Indonesia. Tidak hanya melulu tentang pengetahuan, tetapi juga perihal sikap dan keterampilan.

“Saya harap guru Indonesia mampu membawa Indonesia lebih maju melalui anak bangsa yang bermutu. Yang mengajarkan tentang keutuhan,” tutup Nuh.

Diberitakan sebelumnya, webinar ini menghadirkan empat orang pemateri. Diantaranya, Koordinator Pokja Kerjasama Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Soesilo, Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh, Ketua PGRI Sulsel, Hasnawi Haris, dan Penggiat Pendidikan, Ki Darmaningtyas.

Disampaikan Ketua Panitia, Annisa Asy Syam, webinar ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta, mengenai kondisi dan tantangan dunia pendidikan di era digital. Selain itu, juga akan dikaji peran serta media dalam dunia pendidikan.

“Sekitar ratusan peserta dari Bogor, Surabaya, Papua, Sulbar, Sulsel dan daerah lainnya tergabung dalam webinar hari ini,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA