Gempa berkekuatan 4.8 Skala Ritcher mengguncang Bulukumba hari ini, Rabu (2/12/2020)

BMKG Pastikan Gempa Magnitudo 4.8 di Bulukumba Tidak Berpotensi Tsunami

Rabu, 02 Desember 2020 | 16:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gempa tektonik mengguncang wilayah pesisir Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel). Peristiwa ini diperkirakan berlangsung pada sekitar pukul 11.33 WITA hari ini, Rabu (2/12/2020).

Dari analisa BMKG, menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo yakni 4.8 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,71 Lintang Selatan (LS) dan 129,66 BT. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 KM arah Tenggara Bulukumba dengan kedalaman 10 km. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Gowa, Gandaman Matondang. Ia mengungkapkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di kecamatan Ujung bulu Bulukumba II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang benda digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ungkap Gandaman.

Ia kemudian menambahkan bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi sesar lokal. Akibatnya karena aktivitas subduksi jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust fault),” katanya.

Hingga saat ini kondisi belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Atau yang biasa disebut aftershock.

Ia pun meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Tetap waspada dan menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutupnya.(*)


BACA JUGA