Kepala DKP Kota Makassar, Sri Sulsilawati

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Komoditas Pangan Alami Fluktuasi

Senin, 07 Desember 2020 | 18:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Harga komoditas pangan tercatat ada yang mengalami fluktuasi atau naik turun. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, Sri Sulsilawati.

Diungkapkan Sri, fluktuasi terus berlangsung menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021. Ini dipicu karena adanya pandemi Covid-19 yang juga berdampak pada permintaan sejumlah komoditas.

pt-vale-indonesia

“Karena kan kita mendekati tahun baru, hari Natal ini yang agak fluktuatif tetapi dalam kondisi aman. Masih ada surplus juga,” ungkap Sri, Senin (7/12/2020).

Satu diantaranya ialah Gula Pasir. Harganya cenderung mulai turun kembali setelah sempat mengalami kenaikan. 

“Rp12.500 harganya, yang sebelumnya Rp16.000. Dia tetap. Tanggal 20 Nov, dia turun Rp12.500. Kan pernah naik Rp16.000. Sekarang sudah tetap mi lagi berapa hari. Normal saat ini,” ujarnya.

Di sisi lain, harga pangan seperti Bawang Merah dan Bawang Putih masih belum stabil. Pasalnya, permintaannya justru kian meningkat.

“Cuma yang baru sekarang agak fluktuatif ini bawang merah bawang putih cabai kering, cabai rawit, daging ayam dan gula. Yang stabil itu beras kepala, daging sapi, ikan bandeng, minyak goreng, terigu,” sambungnya. 

Namun, Sri memastikan bahwa fluktuasi tidak akan berlangsung lama. Ini seiring suplai yang nantinya bakal bertambah

“Pada umumnya 1-2 ji yang naik, itupun langsung normal lagi karena ketika ini masuk stok,” tutup Sri.(*)


BACA JUGA