Ngopi Bareng Media BPJS Kesehatan cabang Makassar 2020, di Essprezza Coffee and Bistro, Makassar, Selasa (8/12/2020)

New Normal, BPJS Kesehatan Siapkan Berbagai Layanan Mobile untuk Peserta JKN-KIS

Selasa, 08 Desember 2020 | 19:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — BPJS Kesehatan memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS. Selain layanan tatap muka, BPJS menyediakan layanan non tatap muka agar peserta tidak perlu mengunjungi kantor BPJS, namun dapat langsung mengakses layanan melalui berbagai kanal layanan mobile yang disediakan.

“Jadi di era pandemi sekarang ini kami punya dua jenis layanan, layanan tatap muka dan non tatap muka. Layanan tatap muka ini yaitu pelayanan kami seperti biasa di kantor cabang maupun kantor kabupaten kota, jadi seperti biasa sebelum era pandemi,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang, Aflorinsye Tamonob, dalam acara Ngopi Bareng Media BPJS Kesehatan cabang Makassar 2020, di Essprezza Coffee and Bistro, Makassar, Selasa (8/12/2020).

Layanan tatap muka hanya diperuntukkan bagi tiga segmen peserta yaitu Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas 3, dan Peserta Bukan Pekerja (BP) Pemerintah. “Jadi ini yang kami layani di kantor cabang. Di luar daripada segmen ini, kami layani melalui layanan non tatap muka,” lanjutnya.

“Dalam layanan tatap muka pandemi ini, ada beberapa jenis layanan yang bisa peserta akses, yang pertama layanan administrasi terkait pendaftaran, perubahan data, pencetakan kartu di wilayah kami, kemudian pemberian informasi dan penanganan pengaduan dan pelayanan prioritas,” paparnya.



Sementara itu, untuk layanan non tatap muka, BPJS Kesehatan telah menyiapkan empat jenis layanan. Yang pertama yaitu Mobile JKN. Peserta dapat memanfaatkan berbagai menu yang tersedia di aplikasi Mobile JKN, seperti saat ingin melakukan pindah fasilitas kesehatan (faskes).

“Mobile JKN ini, untuk peserta atau calon peserta yang akan mendaftarkan ke peserta mandiri kelas 1 atau kelas 2. Jadi jika ada yang kantor cabang dan ingin mendaftar peserta mandiri kelas 1 dan 2, kami arahkan melalui aplikasi mobile JKN,” jelasnya.

Selain layanan Mobile JKN, layanan non tatap muka lainnya yang diberikan BPJS Kesehatan yaitu Chat Assistant JKN (CHIKA) Live Chat dengan BPJS Kesehatan care center 1500400, BPJS Care Center 1500400, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 082190825559.

“Pendaftaran untuk ASN atau TNI/POLRI baru hanya bisa mendaftar melalui layanan PANDAWA, lewat Wa (dibaca: Whatsapp). Nanti akan ada instruksi selanjutnya, akan ada pesan yang kami kirimkan. Dan calon peserta hanya perlu mengikuti instruksi yang kami berikan,” tuturnya.

Mobile JKN dan PANDAWA merupakan dua layanan non tatap muka yang paling banyak digunakan peserta JKN-KIS di BPJS Kesehatan cabang Makassar. PANDAWA sendiri hingga November 2020, tercatat sudah 1400-1500 akses untuk layanan ini.

“Untuk PANDAWA diberlakukan sejak September. Tapi belakangan ini kami memang lakukan penyempurnaan-penyempurnaan. Ini supaya memudahkan peserta mengakses dan memperluas jenis layanan yang kami lakukan di PANDAWA,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA