Penyetopan air bersih di 9 kecamatan di Makassar oleh Perumda Air Minum Kota Makassar pada 10 hingga 11 Desember 2020

Suplai Air Perumda Bakal Disetop Sementara di 9 Kecamatan, Ini Penyebabnya

Rabu, 09 Desember 2020 | 10:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar mengumumkan akan menghentikan sementara suplai air ke pelanggan. Hal ini menyusul IPA Somba Opu yang berlokasi di Jalan Poros Malino lumpuh dan tidak berproduksi selama dua hari.

Terganggunya suplai air bersih dari IPA V Somba Opu lantaran adanya penyetopan aliran air baku dari DAM Bili-Bili. Terdapat pekerjaan koneksi pipa di jalur utama pipa 1.500 mm penghantar air baku ke IPA milik PDAM Gowa di daerah Bontomarannu depan Fakultas Teknik Unhas.

Sebagaimana diketahui, IPA Somba Opu sebagai salah satu Instalasi Pengolahan Air terbesar milik Perumda Kota Makassar. Instalasi ini melayani 9 kecamatan.

Diantaranya, Kecamatan Rappocini, Tamalate, Makassar, Mamajang, Ujung Pandang, Panakkukang, Manggala, Bontoala, dan Mariso. Praktis, ada sekitar 85 ribu yang bakal tidak mendapatkan suplai air bersih.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Umum (Dirum) Perumda Air Minum Makassar, Imran Adnan. Ia menyebut bahwa mereka yang terdampak, diharapakan bersabar selama dua hari. Penghentian suplai air akan dimulai pada 10 sampai 11 Desember.

“Sekitar 85 ribu pelanggan PDAM yang bermukim di 9 kecamatan,” kata Imran, Selasa (8/12/2020).

Imran pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan Perumda Air Minum Kota Makassar. Dan berharap untuk menampung air sebagai antisipasi sebelum pekerjaan dan penyetopan dimulai.(*)


BACA JUGA