KJB Indonesia akan menggelar Webinar Nasional dengan tema “Menebar Kebaikan Melalui Karya Jurnalistik” pada Minggu (13/12/2020)

Tiga Jurnalis Profesional Ini Hadir di Webinar Nasional KJB Indonesia

Sabtu, 12 Desember 2020 | 22:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kendati berbagai belahan dunia dihantam pandemi Covid-19, Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia terus eksis dan kreatif. Serta memberikan edukasi kepada masyarakat dalam dunia jurnalistik.

Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia akan menggelar Webinar Nasional. Adapun tema yang diangkat ialah “Menebar Kebaikan Melalui Karya Jurnalistik” pada Minggu (13/12/2020).

Webinar tersebut merupakan rangkaian dari acara Milad ke-8 Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia. 

Tidak tanggung-tanggung, KJB menghadirkan tiga pembicara profesional di bidang jurnalistik. Masing-masing Pemimpin Redaksi Metro TV, Arief Suditomo, News Produser dan host tvOne, Balques Manisang, serta Lalita Gandaputri, News Produser Metro TV yang juga member KJB Indonesia. 



Presiden Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia, Nikmatus Sholikah mengatakan, di masa sekarang, banyak masyarakat yang mulai meragukan kebenaran informasi berita yang menjadi produk jurnalistik. Sehingga, masyarakat perlu mengetahui, esensi karya jurnalistik yang berkualitas sejatinya bukan hanya sesuai dengan fakta namun bisa membawa dampak kebaikan untuk masyarakat luas. 

“Milad KJB Indonesia yang ke-8 kami menghadirkan Webinar Nasional dengan menghadirkan  tiga narasumber jurnalis profesional tema “Menebar Kebaikan Melalui Karya Jurnalistik,” tutur Nikmatus.

Nikmah menuturkan, Webiner Nasional dalam rangka menyambut puncak Milad ke-8 KJB Indonesia, akan diikuti ratusan peserta. Di mana tersebar dari beberapa wilayah di tanah air. 

“Acara ini nantinya akan disiarkan melalui aplikasi zoom dan live di YouTube Komunitas Jurnalis Berhijab,” jelas Mantan Jurnalis TV One ini.

Ia pun mengungkapkan alasan memilih tiga narasumber dari dua tv berita nasional tersebut. Dikarenakan mereka memiliki kredibilitas dan kemampuan di bidang jurnalistik yang tak bisa diragukan lagi. 

Menurutnya, mereka berhasil menghadirkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas. Dan berdampak langsung kepada masyarakat. 

“Aries Suditomo, sudah 22 tahun di dunia Jurnalis, Balques Manisang 12 tahun di bidang jurnalis dan Lalita Ganda Putri perwakilan member KJB Indonesia telah 14 tahun menjadi jurnalis sehingga kualitas mereka tak perlu diragukan lagi,” urainya. 

Dalam acara nanti, kata dia mereka akan memberi penjelasan tentang karya jurnalistik yang berkualitas. Yang selanjutnya dapat membawa dampak kebaikan sebagai pilar ke-4 negara demokrasi. 

“Karya jurnalistik harus bisa memihak kepada citizen atau masyarakat,” ujar wanita asal kota Malang tersebut. 

Sementara itu, Ketua Panitia, Marini Sayuti mengatakan respon masyarakat dengan acara ini sangat positif. Menurut dia, hingga saat ini telah ada lebih dari 350 peserta yang mendaftar untuk hadir dalam acara Webinar Nasional ini. 

Kemudian mengenai konsep acara, karena masih dalam masa pandemi Covid-19 maka acara semua melalui daring dan diikuti oleh anggota KJB Indonesia, para mahasiswa jurusan Jurnalistik dan masyarakat umum lainnya yang tertarik dengan dunia Jurnalistik. 

“Target awal peserta kami untuk Zoom hanya 300 peserta dan selebihnya bisa melalui Youtube KJB. Namun karena banyak permintaan maka peserta membludak hingga hampir 400 peserta,” pungkas wanita yang masih aktif menjadi jurnalis independen tersebut.

Marini berharap, dengan adanya webinar KJB Indonesia maka masyarakat mendapatkan perspektif baru tentang esensi karya Jurnalistik. 

“Semoga KJB terus bisa memberi kontribusi positif untuk masyarakat luas melalui karya-karya jurnalistik yang berdampak positif dan masif,” harap Marini.

Menurut dia, hasil karya para anggota KJB Indonesia pada khususnya dan jurnalis pada umunya adalah untuk memberikan informasi yang valid, terverifikasi, terbaru dan reliable atau sesuai dengan fakta. 

“Semoga KJB Indonesia bisa berkolaborasi dengan lebih banyak pihak mulai dari skala lokal, nasional hingga Internasional,” tandas dia.

Diketahui, KJB Indonesia adalah komunitas yang dibentuk sejak 26 November 2012 yang beranggotakan ratusan jurnalis wanita berhijab yang berasal dari berbagai media. Yakni media TV, radio, media online, dan media cetak yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia. 

Bagi Anda yang mau join via Zoom Meet, yukk isi link ini ya: https://forms.gle/Yeqm9rB2R5j5khs26.(*)


BACA JUGA