Sulsel SMAnSA Zwift Road Bike Championship yang berlangsung di Main Atrium Nipah Mall, Minggu (13/12/2020)

Dorong Gerakan Hidup Sehat, IKA SMANSA Gelar Virtual Road Bike di Nipah Mall

Minggu, 13 Desember 2020 | 17:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya berolahraga dan mematuhi protokol kesehatan harus terus didorong. Berolahraga memiliki banyak manfaat, salah satunya menjaga kebugaran tubuh. Sementara mematuhi protokol kesehatan dapat menghambat penularan Covid-19.

Hal tersebut yang memacu dan menjadi inspirasi bagi Nipah Mall untuk terus berinovasi serta menjadi solusi bagi siapapun yang menginginkan gaya hidup sehat.

Berlomba dan berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang dirindukan oleh masyarakat khususnya yang menggemari olahraga. Namun di masa pandemi saat ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan hal tersebut, tidak harus datang dan berkerumun. Sebab hal itu bisa digantikan dengan teknologi virtual.

Memanfaatkan teknologi tersebut, Nipah Mall berkolaborasi dengan IKA SMAnSA Makassar menggelar kompetisi sepeda secara virtual dengan tajuk ‘Sulsel SMAnSA Zwift Road Bike Championship.’



Dr. Anas Iswanto Anwar, SE., MA. selaku ketua panitia mengatakan tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan di masa pandemi saat ini lantaran rentan menjadi sarana penularan Covid-19. Makanya, pelaksanaan acara ini dilakukan secara virtual.

Di samping itu, untuk mengurangi resiko kecelakaan jika dilaksanakan di jalan raya, serta untuk tetap memberikan semangat kepada para atlit untuk menjaga stamina dengan tetap berkompetisi.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu, 13 Desember 2020 di Main Atrium Nipah Mall ini merupakan lomba virtual road bike pertama di Sulawesi Selatan dan memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah. Bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia), lomba ini membuka pendaftaran untuk 50 peserta yang dibagi menjadi 3 kategori antara lain Virtual Race Pelajar (Putra/Putri), Virtual Race Men Elite Open, Virtual Race Men Master. Peserta lomba yang berpartisipasi berasal dari berbagai wilayah di Sulawesi Selatan.

Selain itu, Sulsel SMAnSA Zwift Road Bike Championship merupakan kompetisi virtual road bike pertama yang menggunakan Smart Trainer. Smart Trainer atau turbo trainer adalah sebuah alat khusus yang mempunyai mesin, dimana sepeda akan terhubung dan terpasang pada alat tersebut. Cara kerja turbo trainer adalah memberikan tahanan pada roda atau hub sepeda sehingga memberikan sensasi sepeda yang hampir mirip dengan bersepeda asli.

Lomba ini juga menggunakan aplikasi virtual bike yang bisa memvirtualisasikan kegiatan sepeda statis. Aplikasi yang digunakan memiliki banyak fitur fisik dan sosial yang interaktif. Dengan adanya aplikasi ini membuat latihan atau olahraga sepeda dan berlari statis/indoor/dalam ruangan tidak lagi monoton dan membosankan.

“Menanggapi trend olahraga bersepeda yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar, maka kami merasa perlu untuk turut berpartisipasi dalam mengajak masyarakat untuk berolahraga sepeda dengan menyelenggarakan SULSEL SMAnSA ZWIFT ROAD BIKE CHAMPIONSHIP (SSZ-RBC),” ungkap Anas.

Richard Abraham selaku General Manager Nipah Mall & Office Building juga mengungkapkan bahwa pihak mal sangat mendukung kegiatan ini. 

“Kami sangat terbuka dan mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat dilaksanakan di Nipah Mall, salah satunya aktivitas olahraga. Olahraga merupakan pilihan yang sangat strategis. Selain untuk meningkatkan kesehatan, aktivitas fisik ini juga berguna untuk meningkatkan suasana hati. Dalam situasi saat ini, virtual bike bisa menjadi pilihan yang tepat. Tentu saja dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, menjaga jarak dan menggunakan masker,” ujar Richard.(*)