Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Agus Djaja Said.

Simulasi Vaksinasi Covid-19 Bakal Dilakukan di Kota Makassar

Kamis, 17 Desember 2020 | 21:10 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar tengah bersiap melakukan simulasi penggunaan vaksin Covid-19. Demikian dilakukan agar pelaksanaannya nanti dapat berjalan lancar.

“Ada yang perlu disiapkan. Bagaimana orang mendaftar, ditujukan tempatnya. Dipisahkan pasien yang belum divaksin,” ungkap Plt Kepala Dinkes Makassar, Agus Djaja Said, Kamis (17/12/2020).

Lanjut, Agus mengaku bahwa belum ada data warga yang bakal divaksin. Hanya saja, kriterianya diprioritaskan kepada usia 18 sampai 59 tahun.

Selain itu, mereka yang bertugas sebagai tenaga kesehatan diprioritaskan. Terkhusus bagi yang melayani pasien Covid-19.



Sementara ssaran simulasi pemberian vaksin selain untuk sosialisasi, agar masyarakat dapat memahami tata caranya. Lalu tidak takut pada saat pelaksanaan vaksinasi nantinya.

Ketika ditanya kapan simulasi pemberian vaksin, Agus menyebut akan dilakukan akhir pekan ini. Pemkot Makassar saat ini masih menunggu kiriman vaksin dari pusat.

“Minggu ini akan digelar, Jadi ada alurnya dan akan disimulasikan,” jelas Agus.

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa pemerintah akan menggratiskan seluruh vaksin Covid-19. Demikian yang disampaikannya dilansir melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Untuk diketahui ada 6 vaksin corona berbeda untuk melakukan program vaksinasi. Diantaranya, vaksin itu yaitu Bio Farma (Persero), Astra Zeneca-Oxford, Sinopharm, Moderna, Pfizer-BioNTech dan Sinovac. (*)


BACA JUGA