Pohon tumbang akibat cuaca buruk.

Cuaca Buruk, DLH Gowa Minta Warga Waspada Pohon Tumbang

Sabtu, 19 Desember 2020 | 17:28 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Sejumlah pohon tumbang di beberapa titik di wilayah Kabupaten Gowa. Hal ini disebabkan karena hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Gowa, Sabtu (19/12/2020)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis menyebutkan pohon tumbang terjadi di beberapa ruas jalan di Kabupaten Gowa khususnya di Kecamatan Somba Opu. Menanggapi hal tersebut pihaknya langsung melakukan evakuasi batang pohon.

“Saat ini kami Tim Dinas Lingkungan Hidup sementara melakukan evakuasi batang pohon yang menutupi jalan agar bisa dilalui kendaraan,” kata Azhari saat dikonfirmasi.

Ia menyebutkan beberapa titik terjadi pohon tumbang, seperti di Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo depan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Poros Macanda Kelurahan Mawang, Kompleks Pandang-Pandang dan Jalan Poros Panciro.



Beruntung dalam kejadian ini tidak korban. Hanya saja kata Azhari satu unit rumah tertimpa pohon. Olehnya dirinya menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca saat ini.

“Kami berharap agar seluruh warga masyarakat tetap menjaga keselamatan, menghindari titik-titik rawan pohon tumbang, dan melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup bila mana ada kejadian-kejadian pohon tumbang,” harapnya.

Sebagai antisipasi pohon tumbang, dirinya menambahkan bahwa sebelumnya Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Lingkungan Hidup sudah melakukan pemangkasan pohon rawan tumbang dan menggantinya dengan pohon yang lebih kuat.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca saat ini. Apalagi sesuai dengan Prediksi Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait gelombang Lanina yang akan terjadi di wilayah Indonesia.

“Mohon juga untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat yang mengakibatkan saluran tersumbat, Pemda Gowa akan berupaya melalukan penanganan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin,” ucapnya.

Pembersihan pohon tumbang ini juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Pemerintah Kecamatan, Polsek, Koramil, Babinsa, Babinkamtibmas dan masyarakat sekitar.(*)


BACA JUGA