Perbaikan pipa air yang bocor di Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (22/12/2020)

Suplai Air Bersih ke Makassar Bagian Timur Dihentikan Sementara, Ini Alasannya

Rabu, 23 Desember 2020 | 10:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Suplai air bersih untuk bagian timur Kota Makassar harus dihentikan sementara. Kebijakan ini diambil setelah adanya gangguan karena kebocoran pipa penghantar berdiameter 400 mm.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Humas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar, Muhammad Rusli. Ia mengungkapkan jika pihaknya kini sementara tengah melakukan perbaikan.

“Teman-teman teknik sedang berusaha memperbaiki salah satu pipa penghantar utama untuk distribusi air ke daerah utara kota, di Jalan Perintis Kemerdekaan,” ungkap Rusli, Rabu (23/12/2020).

Ia juga mengaku bahwa pipa yang bocor ini termasuk pipa tua yang terbuat dari bahan asbes. Akibat dari faktor usia, pipa ini sudah rawan bocor. Namun untungnya, pipa ini ada pada kedalaman hampir 3 meter sehingga sedikit aman dari getaran. 



Lebih jauh, ia menuturkan, akibat dari pekerjaan pipa ini otomatis akan dilakukan penyetopan pompa. Praktis, ini akan mempengaruhi distribusi air.  

Adapun daerah terdampak antara lain Kecamatan Biringkanaya seperti daerah Salodong, Kapasa, Kima. Termasuk memengaruhi rumah sakit Regional dan Rumah Sakit Unhas.

“Pekerjaan yang sementara berlangsung diperkirakan dapat dirampungkan pada hari ini juga, sehingga diharapkan besok jika tidaK ada kendala air sudah dapat terdistribusi kembali kepada pelanggan,” jelas Rusli.

Sementara itu, Direktur Teknik Perumda Air Minum Kota Makassar Imran Adnan memohon maaf kepada sejumlah pelanggan dari daerah terdampak. Ia pun meminta agar warga yang terdampak untuk bersabar.

“Bahwa kebocoran ini secara tiba-tiba sehingga kegiatan pekerjaan ini harus segera ditangani dan diselesaikan untuk menjamin distribusi air,” tutup Imran.(*)


BACA JUGA