Foto: Internet

Libur Nataru, Jumlah Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Alami Penurunan

Rabu, 30 Desember 2020 | 17:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya. Jumlah penumpang di Bandara Internasional di momen ini mengalami penurunan.

Hal tersebut diungkapkan Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (AP1) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Iwan Risdianto. Penurunan, disebutkannya terus terjadi tiap harinya selama libur Nataru.

Di tanggal 28 Desember 2020 misalnya. Jumlah penumpang yang ada yakni 18.580 orang. Padahal hari yang sama pada tahun lalu, terdapat 29.228 orang.

“Artinya ini turun, -36 persen dibanding tahun lalu,” sebut Iwan saat dihubungi, Rabu (30/12/2020).



Iwan menyampaikan bahwa penurunan mulai terlihat sejak 18 Desember 2020. Hal ini tak terlepas akibat pandemi Covid-19, di mana membuat orang was-was untuk berpergian.

Tetapi, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) demi mencegah penularan Covid-19. Salah satu yang dilakukan ialah tetap memperhatikan jaga jarak antar penumpang atau physical distancing.

“Yang boleh di bandara hanya penumpang. Sementara pengantar diimbau untuk segera pulang setelah mengantar di bandara,” ujarnya. 

Selain itu, rapid test antigen atau antibodi wajib dijalankan bagi calon penumpang. Sebagaimana yang telah diatur dalam anjuran pemerintah agar memastikan mereka sehat tanpa terpapar Covid-19.(*)


BACA JUGA