#

Dua Desa di Selayar Sukses Laksanakan Program Keserasian Sosial

Kamis, 31 Desember 2020 | 20:35 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

SELAYAR, GOSULSEL.COM – Dua desa di Kabupaten Kepulauan Selayar sukses melaksanakan program Forum Keserasian Sosial. Dua desa tersebut masing-masing Desa Pamatata dengan pembangunan sarana dan prasarana air bersih dan Desa Bontolempangen dengan pembangunan sarana dan prasarana olahraga.

Dua titik pelaksanaan program penyerasian sosial ini diperoleh Pemerintah Kabupaten Selayar melalui Dinas Sosial. Dimana diketahui program ini difasilitasi oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepala Dinas Sosial Kepulauan Selayar Patta Amir, didampingi masing-masing Kabid Linjamsos Ridwan, Kepala Seksi  Perlindungan  Korban Bencana Sosial Kepulauan Selayar Andi Sandra Esty, Kepala Desa, Babinsa dan Babimkabtibmas, serta komponen masyarakat setempat meninjau langsung pemanfaatan kedua program tersebut, Kamis (30/12/2020).

Patta Amir dalam keterangannya mengatakan, program keserasian sosial ini bertujuan untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis, dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan dan semangat gotong royong.



Dia berharap dengan adanya Forum Keserasian Sosial Inspirasi Desa Pamatata dan Forum Keserasian Sosial Denglempangan Desa Bontolempangan, maka sesuai dengan tujuan awal, yaitu menjadi salah satu potensi sumber daya di desa sebagai pelopor-pelopor perdamaian yang memiliki tugas dan tangungjawab membangun perdamaian di wilayahnya masing-masing.

“Perlu diketahui bahwa tujuan akhir dari kegiatan Keserasian Sosial adalah terwujudnya ketahanan sosial di masyarakat dalam mengantisipasi potensi-potensi kerawanan sosial yang terjadi melalui peran Forum Keserasian Sosial,” kata Patta Amir.

Sementara itu Kades Pamatata, Latunru menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten. Dia berharap melalui pembangunan sarana air bersih program keserasian sosial yang diperoleh desanya ini, warga dapat lebih meningkatkan rasa kepedulian dan gotong royong.

“Kita juga berharap warga mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah sesuai dari tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dari program keserasian sosial,” kata dia.

Hal yang sama juga disampaikan Jamaluddin Kades Bontolempangan, dengan terbangunnya sarana dan prasarana olahraga Lapangan Volly oleh Forum Keserasian Sosial Dellempangang didesa kami dapat menjadi sarana berkumpul warga agar semakin harmonis.

“Selain itu kita juga berharap semakin menguatkan kebersamaan warga hingga menanggulangi hal-hal negatif Warga khususnya generasi muda dalam rangka meminimalisir potensi konflik,” tandasnya.(*)


BACA JUGA