Kakawnil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto saat ditemui di Lapas Kelas I Makassar, Selasa (05/01/2021).

Resmi Menjabat, Harun Sulianto Dorong Hernowo Bawa Lapas Raih Predikat WBK

Selasa, 05 Januari 2021 | 20:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Makassar resmi berganti. Jabatan ini kini diambil alih oleh Hernowo Sugiastanto, yang sebelumnya dipegang Rubianto.

Hal ini ditandai dengan serah terima jabatan (Sertijab) dan antar tugas yang digelar di Lapas Kelas IA Makassar, Selasa (05/01/2021). Sertijab tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto.

Harun pun menyampaikan beberapa hal. Salah satunya ialah soal predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang mesti diraih oleh Lapas Kelas I Makassar. 

Ia mengatakan bahwa prestasi ini harus diraih. Olehnya, ia mendorong agar Hernowo sebagai nahkoda baru mampu memperoleh predikat WBK.

“Kemarin sudah dinilai dari tim penilai nasional dari Kemenpan-RB. Kita berharap dengan pemimpin baru ini tahun depan dapat predikat WBK,” jelasnya.

Harun juga menyampaikan jika Lapas Kelas I Makassar telah mendapat penilaian yang baik sejauh ini oleh tim penilai. Sehingga, kata dia, hal tersebut perlu dipertahankan.

“Ketika tim penilai eksternal datang, Lapas ini katanya sudah ideal. Saya pikir ini besar harapan dampak pernyataan ini untuk menjadi WBK. Apalagi, Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) kita sudah bagus di angka 95,87,” sambungnya.

Terakhir, disampaikannya, ia meminta agar Hernowo segera melakukan adaptasi secepatnya. Memahami kondisi yang ada dan merangkul semua pihak terkait.

“Segera lakukan adaptasi struktural dan sosial. Kalapas yang baik tahu kondisi di lapangan,” tutup Harun. 

Sementara itu, Hernowo menyampaikan komitmennya untuk membawa Lapas Kelas I Makassar menjadi lebih baik. Bahkan, ia sudah menargetkan bisa meraih predikat WBK nantinya.

“Semoga, Insha Allah. Mohon dukungannya semua untuk menjadikan Lapas Kelas I Makassar ini meraih WBK,” tegasnya. (*)


BACA JUGA