Anjungan Pantai Losari/Int

Revitalisasi Pantai Losari Masih Wacana, UPTD Bilang Begini

Kamis, 07 Januari 2021 | 17:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemkot Makassar berencana untuk melakukan revitalisasi di Pantai Losari. Sejak diwacanakan pada 24 September 2020, hingga kini proyek ini belum juga terealisasi.

Kepala UPTD Pantai Losari Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Nurul Akbar Nur menyebut bahwa sampai sekarang tak progres. Perkembangan terakhir hanya sampai pada peninjauan lokasi yang dilakukan tahun lalu.

“Baru sampai tahap peninjauan lokasi, sejauh ini belum ada. Kalau tidak salah akhir November 2020,” sebutnya saat dihubungi reporter GOSULSEL.COM, Kamis (7/1/2021).

Pihaknya sampai sekarang hanya bisa menunggu kabar dari Pemkot. Adapun upaya komunikasi tidak bisa dilakukannya karena memiliki wewenang yang terbatas.



“Kami sebenarnya kan tidak dalam kapasitas itu. Kami cuma menerima program itu saat jadi,” sambung Akbar.

Diberitakan sebelumnya, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menyampaikan rencananya untuk melakukan revitalisasi terhadap Pantai Losari. Anggaran sebesar Rp20 miliar bakal disiapkan.

Menurut Rudy, revitalisasi dianggap penting karena kondisinya sudah mulai usang dan terkesan tidak terurus. Sementara Pantai Losari merupakan salah satu ikon penting Kota Makassar dengan daya tarik tersendiri. 

“Kita ingin secepatnya menghadirkan ikon yang layak untuk tujuan wisata,” ucap Rudy pada 24 September 2020 lalu.

Rudy mengaku ingin mempercantik Anjungan Pantai Losari agar lebih layak dikunjungi. Kualitasnya perlu ditingkatkan, terlebih, kawasan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan saat berada di Kota Makassar. 

“Kita mau ini menjadi satu tempat yang betul-betul kita banggakan. Sehingga orang luar datang merasa puas dan tertarik untuk datang lagi,” jelasnya.(*)


BACA JUGA