Ketua DPC PKB Bulukumba, Fahidin HDK
#

Alasan Belum Terbit SK, Dewan Ungkap Pupuk Bersubsidi Tertahan di Gudan

Kamis, 14 Januari 2021 | 18:17 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba mengungkap bahwa stok pupuk bersubsidi dari Kementerian Pertanian RI saat ini sudah ada dalam gudang. Namun belum bisa didistribusikan sebab surat keputusan (SK) dari Dinas Pertanian Sulsel belum terbit.

Ketua Komisi B DPRD Bulukumba, Fahidin menyebut bahwa, kebutuhan pupuk bersubsidi di Bulukumba sebenarnya aman, namun tidak terdistribusi.

“Sebenarnya pupuk sudah ada di gudang, hanya kemarin tertahan menunggu SK dari provinsi. Karena pupuk subsidi untuk kelompok tani tidak bisa didistribusikan kalau SK-nya tidak ada,” jelas Fahidin yang juga Ketua PKB Bulukumba, Rabu (13/1/2021).

Setelah SK terbit, Fahidin meminta seluruh distributor untuk langsung menyalurkan pupuk ke pengecer.

“Masalahnya memang karena Dinas Pertanian provinsi terlambat mengeluarkan SK terkait distribusi. Sedangkan petani ada yang sudah menanam 10 hari bahkan 16 hari lalu,” sebut Fahidin.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah petani padi di beberapa daerah di Bulukumba mengeluhkan kelangkaan pupuk. Mereka mengaku sulit mendapatkan hampir semua jenis pupuk, seperti jenis SP-36 dan juga phonska.(*)


BACA JUGA