Mobil box penyimpanan vaksin Covid-19 Sinovac milik Dinkes Sulsel.

Vaksinasi Covid-19 di Makassar Dibatasi, Hanya Bisa 15 Nakes Per Hari

Kamis, 14 Januari 2021 | 22:57 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akhirnya memulai vaksinasi Covid-19 di sejumlah puskesmas. Program ini ditandai dengan digelarnya pencanangan yang berlangsung di Puskesmas Makkasau, Kamis (14/01/2021).

Setidaknya sudah ada sembilan dari 47 puskesmas sudah mendapatkan distribusi vaksin Covid-19 berjenis Sinovac. Ini diperoleh dari Dinas (Dinkes) Kesehatan Kota Makassar.

Puskesmas akan melakukan vaksinasi hari ini, adalah Puskesmas Makkasau, Puskemas Andalas, dan Puskesmas Kaluku Bodoa. Kemudian, Puskesmas Mangasa, Puskesmas Antang, Puskesmas Bangkala, Puskesmas Bulurokeng, Puskesmas Sudiang Raya, dan Puskesmas Tamalanrea.

“Hari ini yang punya jadwal vaksinasi di Makassar ada 9 puskesmas,” kata Kordinator Bidang Imunisasi Dinkes Makassar, Abdul Hafid.

Setiap puskesmas, kata Hafid, hanya mendapatkan distribusi vaksin Covid-19 sebanyak 15 vial. Pasalnya, puskesmas tersebut hanya akan melayani proses pemberian vaksin kepada hanya 15 tenaga kesehatan (Nakes) tiap harinya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, Agus Djaja Said menyebut total ada 1.507 Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) akan divaksin. Sebagaimana instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Makassar hanya kebagian di puskesmasnya itu yang kurang lebih 1.507 orang,” ungkap Agus.

Agus pun menambahkan, pihaknya masih berupaya untuk menambah jumlah nakes yang akan divaksin. Hal itu sudah ajukan ke Kemenkes, apakah disetujui atau tidak.

“Kita lagi usahakan tambahannya. Mudah-mudahan itu bisa disetujui oleh Kemenkes RI. Sekitar 200-300 lah,” tambah Agus.

Jatah vaksin untuk makassar kurang lebih 14, 355 ribu botol dari pemerintah pusat. Kemudian di sebar ke puskesmas, klinik dan rumah sakit.

“Dan kalau kami dari Diskes khusus untuk puskesmas saja, kalau Rumah Sakit Daya dia punya tersendiri juga,” tutupnya. (*)


BACA JUGA