Bantuan dari warga disalurkan ke PKS Sulsel untuk korban gempa Sulbar yang berlangsung di Sekretariat PKS Sulsel, Jumat (15/1/2021)

Bantu Korban Gempa Sulbar, PKS Sulsel Kerahkan Relawan dan Bantuan

Sabtu, 16 Januari 2021 | 17:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Peduli korban gempa bumi yang melanda Mamuju dan Majene, DPW PKS Sulsel turut memberikan bantuan. Gelombang pertama bantuan diberangkatkan secara resmi pada acara Pelepasan Bantuan dan Relawan oleh Ketua, Amri Arsyid di Sekretariat PKS Sulsel, Jumat (15/11/2021).

Berbagai macam bantuan disalurkan. Di mana terdiri dari alat penerangan, makanan siap saji, tenda, selimut dan obat-obatan.

pt-vale-indonesia

Begitu juga relawan tanggap bencana yang datang dari beberapa Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS. Seperti dari Gowa, Maros dan Parepare yang ikut diberangkatkan untuk mengawal tibanya bantuan di lokasi bencana. 

Bantuan dan relawan PKS Sulsel ini diperkirakan tiba Sabtu dini hari. Dan akan mendirikan posko bencana di daerah Malunda dan Tapalang, Mamuju, Sulbar.

“Kami mengkhawatirkan korban gempa bumi yang saat ini tengah bertahan hidup di bawah reruntuhan bangunan, di gunung, di hutan dan di tenda-tenda pengungsian,” kata Amri Arsyid.

“Karena itulah, PKS malam ini berangkat untuk membantu mereka. Ini masih bantuan gelombang pertama. Bantuan gelombang kedua akan segera menyusul,” sambungnya.

Begitu pula, relawan setelah ini akan dimassifkan dengan minimal 120 orang akan dikirimkan. PKS selalu menjadi yang terdepan dalam tanggap bencana. 

“Pengalaman menangani bencana, kader PKS terbiasa bersikap responsif. Sampai sampai kader PKS dapat julukan suka cari gara gara dengan bencana,” tambahnya.

Amri mengimbau relawan PKS ini agar tetap harus mawas diri dari bahaya Covid-19 meskipun bertugas menolong korban gempa. Mereka diminta untuk menjaga kesehatannya selama bergerak membantu korban.

“Jaga asupan gizi dan lindungi diri dari terpapar Covid-19 sebab jika relawan sakit, sulit untuk mendapatkan pertolongan dalam kondisi darurat seperti itu. Semoga pengiriman bantuan dan relawan PKS ini, bisa menginspirasi pihak lain untuk segera mengulurkan bantuan bagi saudara saudara kita di Mamuju dan Majene,” tandasnya.

Salah seorang warga kota Makassar, Andi Agus ikut memercayakan bantuannya. Menurutnya, PKS dan relawannya sedari dulu telah terpercaya dalam mengemban sebuah amanah.

“Kami mempercayakan bantuan yang telah kami himpun kepada tim PKS Sulsel begitu kami dapat informasi bahwa mereka akan berangkat malam ini. Kami percaya dengan PKS yang dari dulu amanah dan sigap dengan bencana. Masih trusted lah dan bersih,” tutur Ketua Masjid Al Hijrah, Citra Sudiang Makassar ini. 

“Kami masih menggalang bantuan dari jamaah dan organisasi saya. Begitu terhimpun, kami masih akan mendelegasikan bantuan ini kepada Tim Tanggap Bencana Sulsel,” tandas Penasihat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Maluku Utara ini yang turut hadir.(*)


BACA JUGA