Tim Medis Pertamina membantu korban gempa Sulbar, Minggu (17/1/2021)

Sigap, Pertamina Beri Bantuan Medis Bagi Korban Gempa Sulbar

Senin, 18 Januari 2021 | 11:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tidak hanya sigap di ketersediaan BBM dan LPG,  Pertamina juga sigap memberikan kepedulian pada korban gempa Sulawesi Barat. Tim Pertamina Peduli melakukan pemeriksaan kesehatan keliling ke posko-posko pengungsian yang terdapat di sekitar Posko Induk Ulumanda, Majene, Minggu (17/1/2021).

Kejadian gempa dengan kekuatan Magnitudo 6,2 ini, menyebabkan banyak masyarakat mengungsi di dataran yang lebih tinggi. Ini untuk mencari lokasi yang aman apabila terjadi gempa susulan. 

Unit Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, di tengah kondisi tersebut ditambah curah hujan yang tinggi beberapa hari kemarin, kondisi kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama untuk diperhatikan. Olehnya, bantuan medis perlu diberikan.

“Saat ini, Pertamina menyiagakan posko kesehatan yang dilengkapi tim medis dan ambulans di Ulumanda berdekatan dengan Posko Induk Kabupaten Majene,” terangnya.

Bersama TNI, Tim Medis Pertamina melakukan pemeriksaan keliling di posko sekitar Posko Induk. “Bersama tim medis TNI, kami melakukan upaya cepat tanggap disekitar lokasi posko induk untuk masyarakat yang terdata mengalami keluhan kesehatan,” tambah Mursali. 

Selain itu, Tim Medis Pertamina juga melakukan pemeriksaan kesehatan di Posko Desa Maliaya, Kec. Malunda, Kabupaten Majene. “Berbeda dengan kondisi di posko induk , dimana kebanyakan masyarakat lebih banyak kelelahan dan mengalami demam akibat cuaca, di posko Desa Maliaya sekitar 15 km dari posko induk, selain kelelahan, terdapat 15 orang yang mengalami luka-luka akibat gempa,” sambungnya. 

Warga Desa Maliaya, Ruaidah yang luka kakinya karena reruntuhan bangunan akibat gempa, mengucapkan terimakasih atas bantuan cepat yang diberikan Pertamina. “Kami sangat berterimakasih sudah dilakukan pemeriksaan kesini oleh dokter dari Pertamina dan diberikan obat,” ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Baharudi yang ditemui di sekitar Posko Induk Kabupaten Majene, mengatakan gejala demam yang dialaminya karena sudah 3 malam menginap di posko ditengah kondisi hujan.

“Kami berterimakasih kepada Pertamina yang telah membantu pemeriksaan, obat dan vitamin. Setelah saya memberikan info kepada petugas di Posko, kami langsung dilakukan pemeriksaan oleh dokter,” terangnya. 

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat terdampak, Tim Pertamina Peduli membagikan masker kepada masyarakat guna membantu masyarakat mencegah penularan Covid-19.(*)


BACA JUGA