Kanim berbagi untuk korban gempa di Sulbar

Jelang Hari Bhakti Imigrasi, Kanim di Sulsel Serahkan Bantuan Korban Gempa Sulbar

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dalam rangka peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-71 tanggal 26 Januari 2021, jajaran keimigrasian Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan kegiatan sosial. Antara lain pemberian sumbangan untuk korban bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

Kegiatan sumbangan ini dilakukan oleh Kantor Imigrasi (Kanim) Makassar yang bekerja sama dengan Airlines Operator Comittee (AOC) Bandara Sultan Hasanuddin. Adapun bantuannya berupa barang-barang kebutuhan yang jenisnya telah didata terlebih dahulu oleh jaringan yang ada di Mamuju. 

Demikian juga dengan Kanim Parepare yang telah menyediakan barang-barang kebutuhan pengungsi. Di mana telah didata terlebih dahulu oleh Kanim Polewali Mandar (Polman) Sulbar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Divisi (Kadiv), Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel, Dodi Karnida dalam keterangan tertulisnya. Ini setelah ia menerima laporan dari Kakanim Makassar, Agus Winarto yang telah menyerahkan sumbangan kepada perwakilan dari AOC di Kanim Makassar, Rabu (20/1/2021).

Laporan serupa diterima Dodi dari Kakanim Parepare, Arief E. Riyanto yang pada bersamaan dengan para pejabat strukturalnya telah berangkat. Mereka pun mengawal sebuah mobil box pembawa sumbangan menuju Kanim Polewali Mandar. 

Dodi juga menyatakan, sumbangan tersebut berasal dari para pegawai Kanim Makassar dan Parepare yang nilainya sekitar Rp 25 juta rupiah. Kemudian dibelanjakan berupa antara lain popok dan susu bayi, pembalut wanita, selimut, perlengkapan mandi, beras, makanan ringan, mie instan, air mineral, minyak kayu putih, minyak telon dan lain-lain.

Sumbangan dari Kanim Makassar akan digabung dengan komunitas Bandara Sultan Hasanuddin lainnya. Rencananya akan diangkut dengan pesawat atau lewat darat.

Sementara itu, Rudenim akan menyusul kemudian menyumbang ke Sulbar, Kanim Palopo, akan membagi masker dan hand sanitizer kepada pemohon paspor pada tanggal 26 Januari nanti. Dan berbakti sosial di panti asuhan daerah Palopo.

Sebagaimana halnya kegiatan Divisi Keimigrasian berupa pengumpulan sumbangan uang. Tujuannya membeli barang kebutuhan penghuni panti asuhan yang dikelola oleh tenaga kebersihan pada Kanwil Kemenkumham.

“Masih dalam rangka HBI 26 Januari 2021 ini juga, Kanim Makassar dan Kanim Palopo akan mengadakan pengajian dan doa bersama untuk seluruh masyarakat di tanah air yang saat ini sedang dilanda berbagai bencana dan khususnya untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa bumi di Sulbar,” ujarnya.

Pada kesempatan yang lain, kantor imigrasi maupun rumah detensi imigrasi dan divisi keimigrasian Sulsel akan mengadakan pertandingan olah raga. Lalu untuk tingkat pusat ada juga photo contest HBI ke-71 dengan tema Imigrasi Mengabdi Di Kala Pandemi dengan total hadiah sebesar 6 juta rupiah.(*)


BACA JUGA