Plt Kepala Disdik Makassar, Andi Irwan Bangsawan

Disdik Makassar Ingatkan Guru Jaga Toleransi

Rabu, 03 Februari 2021 | 16:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar mengingatkan agar guru menjaga toleransi. Selama mengajar, mereka diminta tidak diskriminatif terhadap siswa tertentu.

Plt Kepala Disdik Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan menyebut bahwa guru harus menjadi teladan bagi siswa. Bukan justru menunjukkan perilaku yang kurang baik kepada mereka.

“Harus tetap kita jiwa nasionalisme, tidak boleh memaksakan kehendak, mewajibkan pakai jilbab atau tidak,” kata Irwan, Rabu (3/2/2021).

Ketentuan ini juga tertuang dalam Peraturan Mendikbud Nomor 45 Tahun 2014. Ini tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Isinya, tidak ada ketentuan sekolah mewajibkan model pakaian kekhususan agama tertentu menjadi pakaian seragam sekolah. Irwan pun telah mengimbau agar guru utamanya Kepala Sekolah (Kepsek) menaati aturan tersebut. 

“Sudah, itu aturan saya pikir UU mengatur tentang itu,” sambung Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar. 

Sejauh ini, TK hingga SMP tidak ada laporan kasus serupa yang terjadi di Padang. Ia menyebut bahwa seluruh sekolah di bawah pengawasannya masih aman dari persoalan intoleransi. Aturan yang berlaku pun tetap jadi acuan.

“Alhamdulillah aman-aman saja,” tutup Irwan.(*)


BACA JUGA