Direksi RSUD Andi Makkasau Parepare menyediakan alat kedokteran canggih yang disebut Endoscopy Urology

RSUD Andi Makkasau Parepare Kini Layani Operasi Saluran Kemih Tanpa Luka

Kamis, 04 Februari 2021 | 14:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

PAREPARE, GOSULSEL.COM — Satu lagi peningkatan pelayanan melalui penyediaan fasilitas alat kesehatan moderen yang dihadirkan Direksi RSUD Andi Makkasau Parepare. Kali ini dengan menyediakan alat kedokteran canggih yang disebut Endoscopy Urology. 

Dengan penyediaan alat kedokteran ini, operasi saluran kemih dapat dilakukan  tanpa menimbulkan bekas atau luka pada pasien. Selain itu, waktu sembuh terbilang singkat dibanding operasi yang dilakukan pada umumnya. 

“Waktu pemulihan pasien bisa lebih cepat dibandingkan dengan  operasi yang terbuka. Sebagai contoh, kami mengerjakan pada pasien pembesaran prostat, kalau dengan operasi terbuka membutuhkan waktu kira-kira sampai tujuh hari baru bisa pulang, dan kemungkinan ada pendarahan,” kata Dokter Ahli Spesialis Urology RSUD Andi Makkasau Parepare, Asykar Palinrungi, Rabu, (3/2/2021).

“Nah dengan adanya teknik operasi menggunakan Endoscopy Urology ini perawatan dipangkas hanya 3 sampai 4 hari saja dan pasien tanpa luka sehingga kita tidak ada transfusi darah,” paparnya.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Andi Makkasau, dr Ibrahim berharap, dengan adanya alat kedokteran ini ditambah lagi adanya dokter spesialis Urologi, pelayanan kesehatan serta kemudahan bagi masyarakat dapat lebih baik. Antrian di rumah sakit yang ada di Kota Makassar juga dapat dikurangi.

“Sebagaimana instruksi Pemerintah Kota dalam hal ini Bapak Wali Kota agar management RSUD Andi Makkasau selalu berpikir secara inovatif untuk memberikan pelayanan terbaik dan terbarukan kepada masyarakat Parepare dan daerah sekitarnya,” jelasnya.

“Sehingga management, dalam hal ini Direktur RSUD Andi Makkasau memberikan kebijakan untuk bagaimana caranya agar alat dan dokter spesialisnya segera diadakan. Alhamdulillah alat dan dokter spesialisnya sudah ada di rumah sakit kita,” tutup Ibrahim.(*)


BACA JUGA