Vaksin Covid-19/INT

Dinkes Makassar Mulai Data ASN Penerima Vaksin Covid-19

Jumat, 12 Februari 2021 | 14:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Program vaksinasi Covid-19 terus berjalan. Pemkot Makassar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai mendata Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai penerima vaksin tahap dua.

Hal ini ditegaskan melalui Surat Nomor: 800/143/Dinkes/II/2021, tentang permintaan data pegawai di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Ditanda tangani oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M Ansar.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Kota Makassar, Nursaidah. Tapi untuk saat ini, kata dia, belum ada target terkait jumlah ASN yang bakal divaksin.

“Belum ada target, karena baru di minta data dari semua SKPD, dan lain-lain yang ada di surat,” ujarnya, Jumat (11/2/2021).

Seiring dengan pendataan ASN, Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Agus Djaja Said menyampaikan bahwa pihaknya juga tengah fokus untuk menyelesaikan vaksin tahap satu. Diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes), kini sudah lebih dari 10 ribu dari 16 ribu orang yang telah divaksin.

“Nakes yang sudah divaksin sudah lebih 10 ribu dari 16 ribu orang. Dikisaran 12 sampai 13 ribu,” kata Agus.

Untuk pendataan calon penerima vaksin Covid-19 tahap dua, dimulai dari lingkup pemerintahan. Tidak terkecuali ASN Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel.

“Kita usahakan secepatnya. Karena ini kan nakes berakhir Februari, baru kita masuk ke TNI/Polri dan ASN di tempat publik, seperti satpol, dishub dan guru. Vaksin juga belum datang. Belum ada waktu dari Kemenkes RI,” sambungnya.

Setelah pendataan, Dinkes Makassar akan melaporkan hasilnya. Laporan akan dikirin ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.(*)


BACA JUGA