FOTO: Wali Kota Parepare, Taufan Pawe/Ist
#

Pemulihan Ekonomi, Pemkot Parepare Siapkan Rp4 M Selamatkan UMKM

Sabtu, 13 Februari 2021 | 21:43 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

PAREPARE, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota Parepare terus melakukan pemulihan ekonomi. Hal ini ditandai dengan kebijakan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe dalam hal penyelamatan pelaku
Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dimana Pemkot Parepare kini tengah mempersiapkan peluncuran program bantuan bagi pelaku
Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).Bantuan tersebut diberikan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kota Parepare untuk menyelamatkan usahanya di masa pandemi sekarang ini.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hj Siti Rahmah Amir mengatakan, program yang mengakomodasi pemulihan ekonomi tersebut, yakni pemberian bantuan sarana dan prasarana kepada UKM dan UMKM yang ada di Kota Parepare.

Untuk tahun ini, sekira Rp 4 miliar pemberian bantuan tersebut akan diberikan kepada pelaku IKM dan UMKM.

“Ini karena keinginan Wali Kota Parepare, Bapak Taufan Pawe untuk menjadikan tahun 2021 sebagai tahun pemulihan ekonomi, jadi melalui Dinas Perdagangan memberikan bantuan kepada pelaku usaha agar bagaimana usaha mereka dapat berkesinambungan,” kata Siti Rahmah.

Untuk mekanisme tambah dia, yang dilakukan Pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Perdagangan Kota Parepare, dengan mengalokasikan pemberian bantuan sarana dan prasarana bagi IKM dan UMKM tersebut melalui dua jenis, yaitu pagu wilayah dan melalui pokok pikiran DPRD.

“Kita ketahui bersama, kalau pagu wilayah itu melalui Musrenbang 2020. Itulah data yang kami serap dari Kelurahan pengusul. Dan selanjutnya ada juga melalui pokok pikiran DPRD atau pengusul dari pelaksana reses-reses anggota Dewan,”terang Siti Rahmah.

Secara administrasi lanjutnya, pihaknya sudah melakukan persuratan di seluruh Kelurahan dan DPRD untuk segera memberikan nama-nama penerima manfaat alokasi bantuan sarana dan prasarana tersebut.(*)


BACA JUGA