Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Agus Djaja Said

Dinkes Makassar Prioritaskan Nakes Lansia Disuntik Vaksin Covid-19

Minggu, 14 Februari 2021 | 14:17 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru saja mengeluarkan pengumuman terbaru. Mereka yang lanjut usia (Lansia) di atas umur 60 tahun kini bisa disuntik vaksin Covid-19.

Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar pun sudah memulai vaksin untuk lansia dari tiga hari yang lalu. Tenaga kesehatan (nakes) menjadi prioritas.

“Nakes dulu, ini masih tahap pertama yang nakes. Yang memegang kartu nakes, ada Kepala Puskesmas 5 orang itu juga kan divaksin,” kata Plt Kepala Dinkes Makassar, Agus Djaja Said saat dihubungi, Minggu (14/02/2021).

Vaksin untuk lansia, diungkapkan Agus, sudah berlangsung di Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo. Selain itu, pihaknya tetap berupaya memanfaatkan 47 Puskesmas untuk lokasi vaksin ini.

Agus menambahkan, vaksin untuk lansia harus sedikit berbeda dari masyarakat usia 18 sampai 58 tahun. Perlu perhatian khusus, termasuk pertanyaan skriningnya.

“Pernyataan misalnya naik tangga dia tidak capek, kemudian dia tidak capek kalau jalan 100 meter. Tidak punya Komorbit atau penyakit bawaan,” ungkapnya Agus.

Begitupun dengan jarak pemberian vaksin pertama dan kedua, jika usia 18 sampai 58 tahun berkisar 14 hari atau dua minggu, maka lansia harus menunggu 28 hari untuk divaksin kedua setelah pemberian vaksin pertama.

“Jadi kalau kita di Diskes kan nanti tetap biasa. Cuma perlu pendampingan yang ketat dan perlu di skrining dengan baik karena usianya yang renta. Ini mi yang akan lakukan di puskesmas,” lanjut Agus.

Hingga saat ini, Agus mengaku belum mendapat jumlah lansia nakes yang akan menerima vaksin Covid-19. Begitupun yang telah melakukan vaksin. (*)


BACA JUGA