Peluncuran program parkir berlangganan yang merupakan kerjasama PD Parkir Makassar Raya dan Grab, Senin (15/02/2021)

Gandeng Grab, PD Parkir Makassar Luncurkan Program Parkir Berlangganan

Selasa, 16 Februari 2021 | 00:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya menjalin kerjasama dengan Grab. Kedua pihak resmi meluncurkan program parkir berlangganan untuk mitra Grab, Senin (15/2/2021).

Program ini dikhususkan bagi mitra Grab. PD Parkir Makassar Raya ingin memudahkan mobilitas dan keteraturan mereka selama berada di jalan.

Kerjasama tersebut juga sekaligus menjadi komitmen bersama dalam penataan perparkiran di kota Makassar. Adapun dengan cara menyediakan tempat khusus sebagai fasilitas bagi mitra pengemudi Grab.

Persoalan parkir kerap menjadi kendala yang dihadapi mitra pengemudi. Kerja sama ini diharapkan dapat menyediakan sarana parkir yang aman dan tertib dan mewujudkan keteraturan sosial yang lebih baik. 

Direktur Utama (Dirut) PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah Gaffar mengaku jika pihaknya berupaya memberikan solusi yang inovatif untuk persoalan parkir. Program berlangganan bagi mitra Grab menjadi salah satunya.

“Kolaborasi dengan Grab merupakan salah satu langkah inovatif yang kami lakukan dengan menyediakan parkir berlangganan,” ujar pria yang akrab disapa Ilo ini.

Parkir berlangganan ini mematok retribusi senilai Rp40.000 untuk GrabBike dan Rp 60.000 untuk GrabCar. Dapat digunakan di seluruh parkir tepi jalan kota Makassar tanpa harus membayar lagi.

“Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan call centre untuk pengaduan bagi mitra Grab apabila terdapat pungutan liar. Harapan kami dapat menata perparkiran di kota Makassar dengan mitra Grab sebagai percontohan,” sambung Ilo.

Sementara itu, Director of East Indonesia, Grab Indonesia, Halim Wijaya menyampaikan kerjasama ini dilakukan seiring visi misi pihaknya yang sama dengan pemerintah. Di mana pengembangan inovasi menjadi fokus.

“Sejalan dengan misi kami sebagai mitra yang mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekonomi digital, Grab yang merupakan aplikasi serba bisa, senantiasa berinovasi memberikan manfaat bagi masyarakat dan mitranya,” jelasnya.

“Salah satunya melalui fitur GrabBenefits yang merupakan program eksklusif bagi mitra Grab agar dapat menikmati berbagai manfaat,” sambung Halim.

Adanya kerjasama ini, diharapkan Halim, bisa membantu Pemkot dalam menata parkiran di Makassar. Juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Semoga inisiatif dan kerjasama ini menjadi salah satu solusi untuk membantu dalam penataan kota Makassar. Diharapkan semakin memperkuat komitmen kami untuk memberikan dampak positif melalui teknologi,” tandasnya.(*)


BACA JUGA