Ilustrasi tenaga medis

Nakes di Makassar Bakal Terima Insentif Covid-19 Hingga Rp5 Juta

Selasa, 16 Februari 2021 | 21:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kabar bahagia bagi tenaga kesehatan (nakes). Mereka yang menangani pasien Covid-19 bakal tetap menerima insentif.
Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Agus Djaja Said. Setelah sebelumnya ada wacana dipangkas, namun para nakes di lapangan bisa mendapat insentif hingga Rp5 Juta.
“Iya insentifnya tetap ada. Kemenkes sudah menyampaikan, insentif untuk tenaga kesehatan itu tetap ada karena kemarin kan dianggap mau dikurangi 50 persen ternyata tidak,” katanya, Selasa (16/02/2021).
Nilai besaran insentif bagi nakes 2021 masih sama dengan tahun lalu 2020. Di mana, dijelaskan Agus, ini menyesuaikan dengan kinerja nakes di lapangan.
“Kemarin itu banyak juga yang mereka dapat, kalau yang malas mana dapat, karena diukur di situ. Ada batasan rangenya yang paling rajin sampai Rp5 Juta, kalau tidak salah per bulan,” jelas Agus.
Ia memastikan seluruh nakes akan mendapat insentif. Selama ia bekerja melakukan tracing Covid-19.“Jadi, kalau dia melakukan tracing-kan, dia jalan, dicatat. Berapa kali dia melakukan tracing,” lanjut Agus.
Meski demikian, Agus mengungkap, jika anggaran keseluruhan untuk tahun 2021 belum diketahui. Sebab, anggaran tersebut langsung dari pusat. Sehingga, pihaknya mesti hati-hati dalam menyalurkan insentif nakes.
“Itu yang memberatkan karena kami juga diperiksa inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Apa betul-betul ini yang diberi insentif ini melaksanakan tugasnya,” pungkas Agus.(*)


BACA JUGA