Anjungan Pantai Losari/Int

Upaya Nihil, Pemkot Belum Mampu Cairkan Dana Hibah Pariwisata

Sabtu, 20 Februari 2021 | 12:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk mencairkan dana hibah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) masih belum temui titik terang. Sampai saat ini, belum ada informasi dari kementerian.

Padahal sebelumnya, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin bersama Ketua PHRI Anggiat Sinaga dikabarkan terbang ke Jakarta. Keduanya ke Kementerian meminta dana hibah tersebut bisa digunakan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Kamelia Thamrin mengatakan sampai saat ini belum ada balasan dari pemerintah pusat. Baik itu Kemenparekraf maupun Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Jadi belum ada kabar, ini kita juga masih menunggu jawaban dari pusat terutama dari Kementerian Keuangan,” kata Kamelia, Sabtu (20/2/2021).

Disebutkannya, Kemenparekraf hanya mengarahkan Pemkot Makassar untuk meminta petunjuk ke Kemenkeu. Pihaknya pun hingga kini masih menunggu kabar.

“Dana hibah pariwisata itukan petunjuk langsung dari Kementerian Keuangan, jadi kita hanya menunggu saja dari pusat,” jelas Kamelia.

Ia pun berharap dana hibah yang tidak sempat digunakan bisa kembali dipakai di tahun 2021 ini. Apalagi, untuk membantu para industri yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Tetapi harapan saya, tahun ini dana hibah itu ada lagi, mudah-mudahan saja,” pungkas Kamelia.(*)