#

HUT Damkar Ke-102 di Barru, Pasukan Berbaju Biru Penuhi BASIC

Selasa, 02 Maret 2021 | 11:40 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

BARRU, GOSULSEL.COM – Mengambil tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri, dan Melayani, dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru”, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan telah memasuki HUT ke-102. Kegiatan digelar secara virtual.

Di Barru, upacara perayaannya diikuti oleh Kepala Satpol PP dan Damkar Barru, Muh. Sabirin, bersama anggotanya. Berpakaian lengkap serba biru dan digelar di Barru Smart Information Center (BASIC), Senin (01/03/2021).

“Alhamdulillah, di HUT Ke-102 ini, Damkar dan Sat Pol PP, yang masih satu naungan dan telah ditebar di hampir semua kecamatan demi mendekatkan pelayanan, tetap bersemangat, sebut tokoh senior di Organsiasi Kepanduan ini. 

“Termasuk terlibat dalam mendisiplinkan penegakan protokol kesehatan Covid-19,” sambung Sabirin.

Sementara itu, Mendagri, Tito Karnavian memberikan arahan. Ia meminta jajaran damkar yang memiliki jaringan yang luas, anggota terlatih, dan seluruh peralatan untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan dengan mensosialisasikan penggunaan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Sosialisasi ini harus disampaikan kepada seluruh masyarakat.

Dalam pidatonya, Mendagri juga mengurai bahwa tugas damkar tidak hanya memadamkan kebakaran. Mereka terlibat dalam penanggulangan bencana, seperti gempa dan tanah longsor. 

Lebih jauh, Tito mengatakan petugas harus beradaptasi dalam melakukan pemadam kebakaran dan penyelamatan masyarakat. Walaupun kondisi berada di tengah pandemi Covid-19.

“Ada pandemi dan tidak, kebakaran tetap terjadi. Masalah-masalah yang memerlukan penyelamatan masyarakat tetap terjadi. Kita tetap harus bekerja untuk melaksanakan tugas pokok,” ujarnya.

Mantan Kapolri ini juga menyebut, di berbagai daerah, dengan risiko kerja yang ditanggung, dirinya menilai Damkar perlu mendapatkan apresiasi yang memadai. Ia pun meminta dan berharap kepala daerah memberikan tunjangan, serta sarana dan prasarana yang memadai bagi petugas. (*)


BACA JUGA