Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady.

Kemenpan RB Beri Penghargaan Pelayanan Publik 2020 ke Disdukcapil Makassar

Rabu, 10 Maret 2021 | 14:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kementerian Pendayagunaan Aperatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) merilis hasil evaluasi pelayanan publik lingkup pemerintah daerah 2020. Penghargaan ini diberikan secara virtual, Selasa (08/03/2021).

Sebanyak 221 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) lingkup Kabupaten Kota mendapat penghargaan. Termasuk Disdukcapil Kota Makassar.

Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady mengaku bersyukur dengan penghargaan dari Kementerian PAN-RB. Empat kali berturut-turut pihaknya menyabet penghargaan ini sejak 2017.

“Alhamdulillah, Dinas Dukcapil Kota Makassar menerima penghargaan utk kategori Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2020 dari KemenpanRB,” akunya.

Tidak hanya kerjasama seluruh staf, wanita yang akrab disapa Puspa ini juga berterima kasih atas peran media dalam menginformasikan ke masyarakat terkait pelayanan Disdukcapil. Terlebih, saat ini masih dalam situasi pandemi yang memang dibutuhkan peranan seluruh stakeholder.

“Makasih support adek-adek media.
Sangat membantu menginformasikan kepada masyarakat tentang sistem pelayanan dukcapil apalagi di masa Pandemi saat ini,” ungkap Puspa. (*)

Sekadar diketahui, evaluasi pelayanan publik ini meliputi sembilan aspek penilaian. Diantaranya, standar pelayanan, maklumat pelayanan, survei kepuasan masyarakat, pengelolaan pengaduan, inovasi pelayanan publik, dan sarana prasarana.

Adapun tujuan evaluasi ini antara lain melihat sejauhmana implementasi kebijakan UU 25/2009 menuju peningkatan pelayanan publik yang prima dan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui perbaikan pelayanan. Serta mendorong unit pelayanan publik memberikan pelayanan yang prima.

Standar pelayanan (SP) merupakan tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji pemerintah kepada masyarakat. Terkhusus pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Berdasarkan aturan dari Kementrian PAN-RB, maklumat pelayanan tidak hanya melibatkan menagemen melainkan juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Artinya maklumat ini berisi tentang rincian kewajiban dan janji yang terdapat dalam standar pelayanan. (*)


BACA JUGA