Sinergi Optimalkan Program PEN di Gowa, Kamsinah: Harus Melangkah Cepat

Rabu, 10 Maret 2021 | 15:01 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengoptimalkan fungsi dan peran dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal ini ditandai dengan melakukan sinergi di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Inspektorat Gowa yang kini juga menjabat sebagai Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsinah mengatakan dalam kondisi pendemi covid-19 diperlukan inovasi dan langkah cepat, termasuk dalam bidang pemulihan ekonomi. Kamsinah dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi TPAKD Kabupaten Gowa Tahun 2021 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/3/2021).

“Saat menghadapi krisis perekonomian akibat pandemi Covid-19, kita harus melakukan langkah-langkah yang luar biasa, harus cepat, inovatif agar perekonomian nasional segera pulih dan bahkan mampu bangkit lebih cepat dibandingkan wilayah lain,” ungkapnya.

Salah satu perekonomian yang bisa digenjot di Gowa yakni di bidang peternakan/pertanian yang merupakan salah satu program prioritas Pemkab Gowa untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Seperti mendapat dukungan pemerintah pusat dimana tahun ini beberapa program super prioritas Kementerian Pertanian dialokasikan di kabupaten Gowa.

Diantaranya program 1000 sesa sapi, Rehabilitasi Rumah Potong Hewan dan baru-baru ini telah menandatangani MOU dengan PT Cisarua mountain Dairy (Cimory) untuk pengembangan sapi perah dan industri pengolahan susu.

“Cimory Ini mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian dalam bentuk dukungan program dan kegiatan, serta Universitas Hasanuddin dalam bentuk pembinaan dan peningkatan SDM. Dengan adanya program-program ini akan mampu menciptakan lapangan kerja agar bisa menurunkan angka pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelas Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa ini.

Sementara Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Sulsel, Since Erna Lamba, mengaku akan mensuport pemerintah daerah dalam hal pemulihan ekonomi ini dengan mendukung program prioritas kabupaten yang berpotensi meningkatkan perekonimian masyarakat.

“Kita ingin mensuport TPAKD ini untuk program PEN seperti program prioritas Gowa dalam  pengembangan sapi perah dan industri susu yang akan dilakukan, sehingga harapan kita ini menyerap tenaga kerja dan memberi dampak bagi masyarakat kita, karena dampak pandemi ini terjadi PHK, penurunan pendapatan jadi dengan mensuport kegiatan ini bisa membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Terkait dukungan yang diberikan kata Kabiro Perekonomian ini dengan menghadirkan beberapa perbankan yang siap membantu melalui dana KUR, dan dana lainnya serta bersama OJK.

“Kita duduk bersama, berkolaborasi apa yang bisa dibantu dan kami juga menghadirkan perbankan serta untuk permasalahan teknis akan kita bahas diluar forum ini,” tutupnya.

Rakor ini turut dihadiri Kepala OJK Sulampua, Nurdin Subandi, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulsel, Syaiful, para pimpinan perbankan dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.(*)


BACA JUGA