Basarnas Sulsel menggelar pelatihan pertolongan di permukaan air di Wisma Safa, Senin (22/03/2021)

Dibuka Danny, Basarnas Sulsel Gelar Latihan Pertolongan di Permukaan Air

Rabu, 24 Maret 2021 | 23:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulsel menggelar Pelatihan Potensi SAR, di Wisma Senin (22/03/2021). Kegiatan ini melibatkan 50 orang peserta dari berbagai instansi dan organisasi. 

Pada kesempatan kali ini tema yang diusung adalah Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Potensi SAR. Tujuannya, agar peserta lebih profesional dan sinergi dalam pelaksanaan operasi SAR. 

pt-vale-indonesia

Kegiatan ini dibuka oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa dengan diadakannya pelatihan ini sangat membantu Pemkot Makasssar. 

“Pelatihan potensi ini sangat diperlukan mengingat sar adalah tanggung jawab bersama terutama di wilayah Sulawesi Selatan ini, potensi yang telah mengikuti pelatihan ini akan memiliki pengetahuan dan keterampilan,” jelasnya. 

“Selain itu memiliki sikap disiplin yang tinggi yang menjadi modal utama dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan,” ungkap Danny. 

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi menyatakan bahwa Basarnas Sulsel memiliki keterbatasan SDM. Sehingga, keterlibatan potensi SAR menjadi penting karena Basarnas tidak bisa bekerja sendiri. 

“Kami sangat berharap dengan adanya pelatihan ini, akan menjadi bekal pengetahuan dan juga keterampilan bagi potensi SAR. Ini dalam menghadapi kecelakaan pelayaran ataupun kondìsi membahayakan jiwa manusia,” ujar Djunaidi. 

Pembukaan Pelatihan Potensi SAR ini dihadiri oleh Anggota DPR Komisi V, H. Muh. Aras, Kapolrestabes, Dandim 1408 BS, Wakil Bupati Luwu Utara dan Wakil Bupati Kab. Kep. Selayar. Serta beberapa pejabat terkait.(*)


BACA JUGA