Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail berfoto bersama Kepala DPPPA Makassar, Tenri A Palallo saat sosialiasi UPT PPA di Hotel Claro, Jumat (2/4/2021)

Dukung Raih KLA, Indira Jusuf Beri Semangat DPPPA Makassar

Jumat, 02 April 2021 | 21:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail memberikan semangat kepada jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA). Terkhusus Tenri A Palallo sebagai nahkoda.

Indira memberikan semangat agar DPPPA mampu meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) untuk tahun 2021. Peran keluarga, kata dia, menjadi hal terpenting agar Makassar bebas dari kekerasan anak.

DPPPA, disebutkan Tenri, harus mampu mengedukasi mereka. Sehingga, anaknya juga menjadi generasi emas di masa yang akan datang.

“Kekerasan tidak terjadi begitu saja, tentu ada latar belakangnya. Dengan memberikan pendidikan yang baik bagi tumbuh kembang anak, tentu akan melahirkan anak yang soleh soleha, dan pendidikan pertama mereka adalah keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPPPA Kota Makassar, Tenri A Palallo mengatakan bahwa pihaknya terus bersemangat demi meraih predikat KLA. Sejumlah upaya pun telah dilakukan.

“Semakin semangat, dua tahun menjaga semangat utk anak dan perempuan,” kata Tenri.

Salah satunya ialah dengan menghadirkan UPT PPA. Ia menjelaskan bahwa unit ini merupakan pusat layanan terpadu perlindungan perempuan dan anak. Bahkan, sosialisasi UPT telah digelar di Hotel Claro hari ini, Jumat (02/04/2021).

“Melibatkan DWP Makassar, untuk memajukan perempuan dan menjauhkan dari kekerasan, yang dibagi kedalam 4 angkatan,” ujar Tenri.

Sejauh ini, DPPA berupaya mengisi indikator KLA. Angka tertinggi ada pada perlindungan khusus anak dengan nilai maksimal 215, Makassar merebut nilai 206.  Sedang hak sipil dan kebebasan terpenuhi 120 poin dari nilai maksimal 125. Indikator kesehatan dan kesejahteraan terpenuhi 140 dari nilai maksimal 150. 

Saat ini tim KLA masih berjibaku agar meriah predikat itu. Dan berkoordinasi dengan Ketua Gugus Tugas KLA, Andi Khadijah Iriani  yang juga merupakan Kepala Bappeda Makassar.(*)


BACA JUGA