Mobil inflasi yang berada di Pasar Terong menjual sembako dengan harga murah, Senin (05/04/2021).

Antisipasi Permainan Harga, PD Pasar Makassar Mulai Operasi Pasar Jelang Ramadan

Selasa, 06 April 2021 | 16:40 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya mulai melakukan operasi pasar menjelang bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan sejak Senin (05/04/2021) hingga puasa tiba.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Makassar Raya, Basdir menyampaikan operasi pasar dilakukan sebagai bentuk upaya mencegah oknum pedagang main harga. Sebab, persoalan ini kerap ditemui setiap tahun. 

“Kalau sebelum puasa begini, sudah banyak oknum yang mulai bertindak,” jelas Basdir, Selasa (06/04/2021).

“Laporan dari Dinas Perdagangan (Disdag) Makasssar itu sudah ada yang mau mulai bermain (harga), jadi kita turun operasi pasar,” sambungnya.

Ada 10 pasar induk yang menjadi sasaran operasi pasar. Disebutkan Basdir, tempat tersebut kerap kali ditemukan kasus permaianan. Apalagi, pasar tersebut terbilang luas.

Diantaranya ialah Pasar Pabeng-baeng, Pabeng-baeng Timur, Panakkukang, Parang Tambung dan Kalimbu. Selanjutnya, ada Terong, Maricaya, Panampu, Cendrawasih, Daya, dan terakhir Mandai.

“Yah sepuluh pasar besar kita. Jadi segala penjuru kota ini supaya tercover seluruh kota,” sebut Basdir.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Disdag dan Perum Bulog Makassar. Keduanya menyiapkan sembako dengan harga murah menjelang bulan puasa di pasar. 

“Kalau itu kita hanya fasilitasi saja mereka. Jadi ada mobil inflasi yang datang di pasar,” tutup Basdir. (*)


BACA JUGA