Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Andi Khadija Iriani/Int

Turunkan 15 Ribu Detektor Covid-19, Dinkes Makassar Door to Door Tangani Covid-19

Minggu, 18 April 2021 | 15:59 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar tengah berupaya menangani Covid-19 yang masih merebak. Olehnya, penanganan secara serentak bakal dilakukan.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Andi Khadijah Iriani. Ia penanganan serentak didasari pengalaman dan pengamatan pemerintah, virus Covid-19 yang mampu berpindah dengan cepat. 

Sehingga, Dinkes menyiapkan 3 detektor Covid-19 pada setiap RT. Iriani menyebut ada 5 ribu RT di Makassar.

“Jadi ada 15 ribu detektor yang diturunkan. Kalau situasinya biasa-biasa saja, penanganannya tidak seperti ini,” kata Iriani, Minggu (18/04/2021).

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui pihaknya telah menggagas model pelacakan virus Covid-19 secara serentak di mulai dari tatanan bawah. Hal itu agar penanganan pandemi berjalan secara efektif dan maksimal.

“Kalau misalnya tracking di tempat ini, pasti (Covid-19) muncul lagi di tempat lain. Jadi harus. bergerak serentak,” sambung Kepala Bappeda Makassar ini.

Terlebih, lanjut Iriani, saat ini banyak masyarakat yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berkeliaran. Hal itu pun menjadi sumber penyebaran Covid-19.

“Sehingga harus dijagai sama detektor-detektor agar tidak ada lagi penularan,” tutup Iriani. (*)


BACA JUGA