Pelatihan LST Training of Trainer Jobstart yang digelar oleh Disnaker Makassar berkerjasama dengan ADB di Hotel Teras Kita, Jumat (23/04/2021)

Gandeng ADB, Disnaker Makassar Tekan Angka Pengangguran Melalui Jobstart

Jumat, 23 April 2021 | 22:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar berupaya menekan angka penanggguran yang saat ini masih tinggi. Salah satunya ialah dengan membuat program Jobstart.

Program ini dibantu oleh Asian Development Bank (ADB). Makassar menjadi kota kedua yang dipilih untuk melaksanakan program tersebut setelah Kabupaten Bandung Barat, Jabar. Anggarannya pun berasal dari ADB.

Kepala Disnaker Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan menjelaskan bahwa pihaknya menggelar Life Skill Training of Trainer yang masuk dalam program kali ini. Sedikitnya ada 24 staf yang dilatih menjadi mentor pelatihan kerja.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Teras Kita, Jalan AP Pettarani, mulai hari ini, Jumat (23/04/2021). Dan berlangsung selama tiga hari sampai Minggu (25/04/2021).

“Jadi kita melatih yang akan melatih orang nanti. Ada 24 staf dari Disnaker yang dilatih. Ini kan di masa pandemi Covid-19 jadi kami menggunakan aplikasi untuk mengajar,” ujar Irwan.

Mereka, disebutkan Irwan, bisa selanjutnya melatih para calon pekerja. Pelatihan akan dilakukan sesuai kompetensi yang dibutuhkan perusahaan.

“Kita akan latih melatih mereka sesuai bidang yang dikuasainya. Kita ingin memenuhi semua kebutuhan perusahaan,” sambung Irwan.

Program yang merupakan pilot project ini juga dimaksudkan agar mampu menekan angka pengangguran. Apabila berhasil, kemudian bisa diteruskan ke daerah yang lain.

“Ini kan pilot project dan Makassar menjadi percontohan. Harapannya kita bisa menuntaskan pengangguran yang ada,” tutup Irwan.(*)


BACA JUGA