FGD Program SDC berlangsung di Hotel Santika, Selasa (29/06/2021)/Ist

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Makassar Sukseskan Program SDC Melalui FGD

Selasa, 29 Juni 2021 | 14:38 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemkot melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) program Skill Development Centre (SDC). Kegiatan ini berlangsung di Hotel Santika, Selasa (29/06/2021).

Program SDC ini merupakan terobosan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Tujuannya sendiri untuk meningkatkan kualitas SDM.

Di Makassar, program ini diimplementasikan melalui 10 ribu skill training gratis dan 100 ribu peluang usaha dan bisnis. Hal itu merupakan program prioritas dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menyambut baik program ini. Ia menilai perlu adanya pelatihan keterampilan agar pengangguran di Makassar dapat ditekan.

Merujuk data Perekonomian Kota Makassar Tahun 2020 sebesar 15.92% tingkat pengangguran terbuka. “Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 perusahaan mengurangi jumlah pekerja sehingga terjadi PHK dan dirumahkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengatakan jika pihaknya berkomitmen untuk menyukseskan program SDC ini. Adapun FGD bakal terus dilakukan sampai peserta benar-benar punya kompetensi.

“FGD ini nanti akan dilanjutkan. Kita akan mengundang pelaku dunia usaha dan industri. Biar ada link and match juga dan kesiapan tenaga kerja kita,” ujarnya.

Tak sekadar FGD. Nantinya, disampaikan Irwan, juga akan ada proses magang bagi peserta. “Itu setelah sertifikasi nanti ada magang,” tambah Irwan.

Melalui program ini, pihaknya menargetkan bisa menambah banyak peserta yang bisa disertifikasi. Sehingga, mereka dapat lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensinya ketimbang.

“Targetnya kita tahun ini 3000 sertifikasi. Kan kalau di kegiatan ini kita sertifikasi 254 peserta dengan 12 program pelatihan,” tukasnya.

SDC juga merupakan forum komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi yang melibatkan 4 unsur ABCG sebagai pelaku utama. Yakni unsur Academic atau lembaga diklat (SMK/BLK/LPK/Politeknik/Universitas), Business atau dunia usaha dan industri, Community (Masyarakat/Asosiasi) dan Government atau pemerintah daerah.

SDC Makassar sejak dibentuk akhir 2018 telah melaksanakan Pelatihan Kompetensi sebanyak 2600 peserta dengan skema retail yang bekerja sama dengan BNSP dan Kementerian. Setelah adanya SDC Kota Makassar dalam tahun 2018-2019, pengangguran berkurang 12.801 orang. (*)


BACA JUGA