Rektor UNM, Husain Syam saat memberikan sambutan dalam peringatan malam Nuzulul Quran atau malam ke 18 Ramadhan 1442 hijriah di Masjid Nurul Ilmi UNM, Kamis (29/4/2021)/Ist

Malam Nuzulul Quran, Rektor UNM Husain Ajak Amalkan Nilai-nilai Al-Quran

Jumat, 30 April 2021 | 11:45 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – 17 Ramadhan diperingati sebagai malam Nuzulul Quran. Atau merupakan malam turunnya Al-Qur’an untuk seluruh umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW.

Olehnya, Keluarga besar sivitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) memperingati malam Nuzulul Quran atau malam ke 18 Ramadhan 1442 hijriah. Bertempat di Masjid Nurul Ilmi UNM, Kamis (29/4/2021).

pt-vale-indonesia

Kegiatan tersebut berjalan dengan hikmat dan dihadiri oleh Rektor UNM, Husain Syam. Turut hadir para Wakil Rektor, Dekan dan sejumlah pimpinan dalam lingkup UNM.

Husain Syam dalam sambutannya sekaligus menutup rangkaian acara Daurah 10 hari menghafal Al-Qur’an, berpesan agar peringatan Nuzulul Quran tidak hanya sekedar momentum. Namun, bagaimana mengamalkan nilai-nilai.

“Tidak terasa kita sudah berada pada malam ke 18 atau memperingati hari turunnya Al-Qur’an atau Nuzulul Qur’an. Salah satu keutamaan dalam ramadhan dimana pertama kali diturunkan ayat suci Al-Qur’an,” kata Husain.

Menurut Husain Syam, dalam memperingati malam Nuzulul Quran adalah sebuah peristiwa yang luar biasa dalam pegangan hidup. Dan menjadi panutan mengobati kehidupan.

“Jadi Al-Qur’an tidak ada lagi keraguan didalamnya, karena itu memang rasanya wajib malam ini memperingati turunnya Al-Qur’an sebagai tuntunan pedoman hidup kita,” ujar pria asal Sulbar ini.

Mantan Dekan Fakultas Teknik UNM itu juga menyampaikan rasa syukur. Sebab, tahun ini sivitas akademika UNM bisa kembali melakukan kegiatan memperingati malam Nuzulul Qur’an.

“Jadi sangat berbeda dengan tahun lalu kita tidak bisa melakukan apapun di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kita tetap mematuhi protokol kesehatan supaya selalu dalam keadaan sehat beribadah,” terang Guru Besar Teknologi Pertanian ini.

Pada kesempatan tersebut pula, dilakukan penyerahan hadiah sekaligus apresiasi bagi peserta Daurah menghafal Al-Qur’an Ramadhan. Di mana telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu. (*)


BACA JUGA