Rektor UNM, Husain Syam saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Dalam Jabatan Angkatan ll Tahun 2021 di Hotel The Rinra, Selasa (04/05/2021)/Ist

Buka Rakor PPG, Rektor: UNM Bagian dari Penentu Kualitas SDM Indonesia

Rabu, 05 Mei 2021 | 12:50 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Dalam Jabatan Angkatan ll Tahun 2021. Kegiatan digelar di Hotel The Rinra, Selasa (04/05/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri para wakil rektor, para dekan dan dosen. Serta guru pamong sebanyak 212 orang.

Ketua Program PPG, Darmawan melaporkan jumlah mahasiswa PPG di tahap ke-2 sebanyak 564 orang dari 23 provinsi di indonesia. Terbagi dalam 7 bidang studi dan akan dibagi dalam 19 rombongan belajar.

Rektor UNM, Husain Syam mengungkapkan nilai Ujian Kompetensi Guru (UKG) secara nasional di bawah rata-rata nasional. Ia mengimbau agar pendamping, dalam hal ini dosen dan guru pamong harus mampu mempersiapkan dan memaksimalkan seluruh perangkat dan bahan ajar. Sehingga, mampu menghasilkan kualitas guru sesuai dengan standar nasional.

“Harus kita akui dan sadari dari sekian provesi mengikuti PPG itu rata-rata nilai UKGnya rendah, berdasarkan penilaian normal banyak kurang. Ini artinya potret guru kita di seluruh indonesia masih rendah,” ungkap Husain.

Husain pun menekankan satu hal. Di mana melalui kegiatan ini bisa memberikan pembekalan dan pengarahan kepada seluruh pendamping.

“Melalui kegiatan ini, mohon diberikan penekanan kepada para pendamping dosen dan guru pamong. Dan kepada para pendamping jangan cuma memenuhi kewajiban, pastikan materinya dengan baik. Tidak sekadar masuk,” harapnya. 

“Ini, tanggung jawab kita semua, Kita ini penentu memberi warna memberi corak. Kita ini penentu kualitas SDM indonesia. Karena itu, ini kita harus seriusi persiapkan dengan baik,” tandasnya.(*)