Kegiatan donor darah PMI Makassar yang berlangsung di Gereja Katedral, Minggu (09/05/2021)/Ist

Di Gereja Katedral, PMI Makassar Kumpulkan 130 Kantong Darah

Minggu, 09 Mei 2021 | 19:27 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Gereja Katedral bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menggelar kegiatan donor darah, Minggu (09/05/2021). Sebanyak 130 kantong darah pun berhasil dikumpulkan.

 

Untuk donor darah kali ini, ada 150 kantong darah yang ditargetkan dan sudah mendaftar. Sebab, melihat antusias pendonor yang tinggi. Tetapi 20 orang lainnya tidak bisa didonor karena kondisi kesehatan terganggu.

 

Bagian Seksi Sosial Gereja Katedral Makassar, Diana menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin. Pesertanya pun berasal dari jemaat dan pengurus Katedral.

 

“Ini kegiatan rutin setiap dua bulan diadakan. Tahun lalu itu cuma dua kali karena pandemi Covid-19. Semoga bisa terus digelar,” ujarnya.

 

Agenda ini, dikatakan Diana, selalu memiliki partisipan yang banyak. Terlebih, pihaknya juga rutin menggelar agenda sosial dan salah satunya adalah melakukan donor darah.

 

Untuk donor darah kali ini, ia merasa bangga. Sebab, bersama PMI Makassar, pihaknya bisa mengumpulkan banyak stok kantong daripada sebelumnya.

 

“Sangat senang hari ini karena bisa mengumpulkan 130 kantong. Biasanya sekitar 50 sampai 60 satu kegiatan saja. Dan sekarang ini total sudah terkumpul 840 kantong,” sambungnya.

 

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Makassar, Khudri Arsyad menyebut jumlah donor darah di Katedral merupakan yang tertinggi. Pihaknya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Katedral.

 

“Yang lolos 130. Untuk donor selama Ramadhan, ini yang tertinggi,” ujar pria yang akrab disapa Khudli ini.

 

Selain Gereja Katedral, PMI Makassar menyasar tujuh tempat ibadah lainnya. Diantaranya, Masjid Al Markaz, Vihara Arama Maha Budha, Gereja Paroki Kare, Gereja YHS Makassar, Gereja Filadefia dan Yayasan Sosial Budi Luhur Makassar. 

 

PMI Makassar, diungkapkan Khudli, memang tengah gencar menambah stok kantong darah. Olehnya, kegiatan donor darah terus dilakukan bahkan selama hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

 

“Ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan darah H-2 dan H+3 Idul Fitri dapat tercover,” ujar Khudli.

 

“Stok darah di UTD PMI Kota Makassar tanggal 8 mei 2021 jam 21.00 WITA berjumlah 452 kantong dimana 32 kantong diantaranya 7% dari jumlah keseluruhan adalah darah dari keluarga pasien,” tutupnya. (*)


BACA JUGA