Pemandangan Pantai Akkarena di malam hari. (Foto: kintakun-collection.co.id)

Dispar Makassar: Kondisi Objek Wisata Terkendali Selama Libur Lebaran

Selasa, 18 Mei 2021 | 20:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar melaporkan kondisi objek wisata selama liburan Idulfitri 1442 H. Pihaknya mengklaim seluruh tempat terpantau terkendali.

Demikian disampaikan Plh Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem. Ia menyebut bahwa penerapan protokol kesehatan (Prokes) dipatuhi.

Objek wisata seperti Pantai Akkarena, Bugis Waterpark, Tanjung Bayang, Tanjung Merdeka, dan Pantai Biru tidak mengalami lonjakan pengunjung. Semuanya, disebutkan Roem, sudah memenuhi aturan 50 persen dari kapasitas normal.

“Pada periode Sabtu dan Minggu kemarin, Alhamdulillah semua terkontrol seluruh destinasi  itu pengunjung di bawah angka 50 persen sesuai kapasitas. Seperti di Bugis dan Akkarena,” kata Roem saat ditemui di Balai Kota Makassar, Selasa (18/05/2021).

“Destinasi wisata lain mengalami hal serupa memang terjadi kenaikan di hari Minggu ketimbang hari Sabtu kemarin. Tetapi semua di bawah angka 50 persen,” tambahnya.

Dari pantauan tersebut, Roem menyimpulkan jika masyakarat sudah sadar terhadap pentingnya menjaga diri dari penularan Covid-19. Ketimbang berwisata, mereka lebih memilih aktivitas lain.

“Jadi Alhamdulillah masyakarat banyak memilih liburan di rumah saja. Jadi pantauan kita semua terkendali,” jelas Roem.

Sebelum libur lebaran, pihaknya saat bulan puasa telah melakukan sosialisasi kepada pengelola objek wisata. Sehingga, lonjakan pengunjung bisa diantisipasi.

“Masyakarat hanya ramai di sekitar jam 6 sampai jam 10 pagi tapi masih terkontrol tidak seperti beberapa daerah. Sebab, kita sudah mengimbau masyakarat dan pengelola wisata,” tutupnya.(*)


BACA JUGA