Pejabat BPJs Ketenagakerjaan mengikuti program vaksinasi Covid-19/Ist

Dukung Pemerintah Atasi Pandemi, Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Ikut Vaksinasi

Jumat, 25 Juni 2021 | 14:16 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Unit Kerja BPJamsostek Kantor Wilayah Sulawesi Maluku menjadi salah satu Unit Kerja BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) telah memastikan personelnya melakukan vaksinasi Covid-19. Program vaksinasi ini diselenggarakan bekerjasama dengan Puskemas setempat sebagai bentuk penanganan atas pandemi ini.

Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Sulawesi Maluku, Arief Budiarto, menyatakan pihaknya memandang program vaksin ini sangat penting dilaksanakan. Terkhusus bagi pekerja kantor pelayanan publik.

pt-vale-indonesia

“BPJamsostek setiap hari melayani setidaknya puluhan hingga ratusan peserta yang hendak melakukan pencairan jaminan ataupun kegiatan administratif,” kata Arief, Kamis (24/06/2021).

Olehnya itu, Arief menilai sudah sewajarnya pegawai mendapatkan vaksin. Itu sebagai salah satu bentuk pencegahan atas risiko penularan Covid-19.

Program vaksinasi ini digelar sebanyak 2 kali oleh seluruh personel yang memenuhi syarat. Sebagaimana dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kami akan selalu patuh kepada anjuran pemerintah untuk selalu memerhatikan protokol kesehatan, termasuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 ini,” tegas Arief.

Dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kantor, BPJamsostek telah melakukan penyesuaian mekanisme pelayanan. Pihaknya menjalankan protokol pelayanan klaim yang mengutamakan layanan online dan tanpa kontak fisik atau yang dikenal dengan Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) BPJamsostek.

Sejak Covid-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret tahun lalu, BPJamsostek telah memperkenalkan protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK). Itu melalui kanal online dan onsite.

Untuk kanal online, peserta dapat mengajukan klaim dengan cara mengakses lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id. Namun bagi peserta yang mengalami kendala saat menggunakan Lapak Asik online, BPJamsostek juga membuka kanal onsite yang tersedia di kantor cabang BPJamsostek di seluruh Indonesia, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Arief juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya peserta yang datang ke Kantor Cabang yang berada di jajaran Wilayah Sulawesi Maluku untuk terus melakukan 5M. Yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

“Semoga dengan adanya program vaksinasi ini dapat secara signifikan mengurangi risiko terpapar Covid-19 dan nanti pada akhirnya masyarakat Indonesia secara keseluruhan dapat terbebas dari Covid-19,” tutup Arief. (*)


BACA JUGA