Sapi kurban/IST

Dinas Peternakan Gowa Periksa Kesehatan Hewan Ternak Jelang Idul Adha

Rabu, 30 Juni 2021 | 22:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak jelang idul Adha atau hari raya qurban tahun ini.

Dengan menurunkan tim khusus, Dinas Perdagangan dan Perkebunan Gowa melakukan pemeriksaan hewan ternak di 18 kecamatan di Gowa.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, Suhriati mengatakan, pemeriksaan dan pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan hewan ternak tersebut sebelum di jual.

“Jadi sementara ini kami melakukan persiapan-persiapan terkait dengan pemeriksaan kesehatan hewan yang ada di Kecamatan-kecamatan. Apakah yang akan dijual itu sesuai dengan kelayakannya untuk di jual,” katanya, Rabu (30/6/2021).

Tim pengawas dari Dinas Peternakan kata Suhriati telah diturunkan sejak jauh hari. Diantaranya, bidang kesehatan hewan, bidang produksi dan penyebaran ternak yang didampingi oleh Petugas Peternakan Kecamatan (PPk).

“Kami menurunkan tim yang bertugas mengawasi dan memeriksa hewan ternak. Tim khusus tersebut terdiri dari Petugas Peternakan Kecamatan (PPK) yang ada di kecamatan, Bidang Kesehatan Hewan, Bidang Produksi Dan Penyebaran Ternak,” ujarnya.

Ternak yang berasal dari kecamatan tersebut nantinya akan diperiksa
sebelum dibawa ke Sungguminasa sebagai sentra penjualan hewan Kurban.

“Hingga saat ini tim terpadu tersebut masih melakukan pemantauan di seluruh Kecamatan sebelum hewan ternak dibawa ke Sungguminasa yang memang sebagai sentra penjualan Sapi,” tambahnya.

Hingga saat ini, Suhriati mengatakan belum ada satupun ternak sapi maupun Kambing yang ditemukan terjangkit penyakit.(*)

Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA