Penghargaan bergengsi untuk pengusaha kuliner di Sulawesi Selatan dikemas dalam MMFC Award. Kegiatan diselengggarakan di Mal Pipo Makassar, Jumat (02/07/2021)/Ist

11 Tahun Makassar Most Favourite Culinary Award Merawat Kuliner Sulsel

Sabtu, 03 Juli 2021 | 22:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 37 pengusaha kuliner di Sulsel menerima penghargaan.  Mereka berhasil menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas cita rasa serta pelayanan kepada pelanggan. 

Penghargaan bergengsi untuk pengusaha kuliner di Sulawesi Selatan dikemas dalam Makassar Most Favourite Culinary (MMFC) Award. Kegiatan diselengggarakan di Mal Pipo Makassar, Jumat (02/07/2021).

pt-vale-indonesia

MMFC tahun 2021 sudah sudah berlangsung lebih satu dasawarsa. Sejak diperkenalkan pada tahun 2010, MMF terus merekam jejak usaha kuliner favorit di Sulawesi Selatan.

MMFC Award 2021 ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, berlangsung di tengah pandemi dengan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Seluruh peserta mesti menggunakan masker, berjaga jarak, serta dibekali dengan handsanitizer.

Makassar Terkini sebagai penyelenggara penghargaan bagi pengusaha kuliner percaya satu hal. Di mana pengusaha yang berjasa menjaga cita rasa kuliner khas Makassar adalah pahlawan di bidang kuliner. 

“Mereka pantas diberi penghargaan. Berkat usaha dan kerja keras pengusaha kuliner, ciri khas dan budaya Sulawesi Selatan di bidang kuliner masih bisa dilihat, dirasakan, dan dinikmati sampai sekarang,” kata CEO terkini.id, Adhi Santoso.

Tidak hanya ajang penghargaan. Melainkan MMFC sudah menjadi pesta yang dinantikan setiap tahun bagi pengusaha kuliner di Sulsel. 

Setiap tahun lembaga riset yang bekerja sama dengan Makassar Terkini menguji dengan survei. Usaha kuliner apa saja yang berhasil meraih kesan positif dan penghargaan tertinggi dari food lovers. 

MMFC adalah pesta bagi pemilik usaha, koki, pelayan, penjaga warung, sampai tukang parkir. Yang mana mereka menyambut hangat setiap pelanggan yang ingin merasakan nikmatnya kuliner khas di Sulsel. 

“MMFC akan terus mendorong Inovasi di Bidang Kuliner. Kehadiran MMFC berhasil merangsang pengusaha kuliner berinovasi. Beradaptasi memperbaharui pengetahuan meracik bahan atau bumbu, dan meningkatkan pengetahuan seni menyajikan makanan dan minuman,” ujar Adhi.

Selain itu, belajar memanfaatkan teknologi terbaru. Itu untuk pemasaran kuliner. 

MMFC bukanlah penghargaan biasa. Ada semangat dan cita-cita besar yang ingin dicapai dalam setiap pelaksanaannya. Memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya. 

Tentu dengan inovasi yang tiada henti di bidang kuliner. Setelah mendapatkan penghargaan, penyelenggara berharap para pemenang tidak lengah. 

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi untuk lebih keras lagi dalam meningkatkan pelayanan kepada pencinta kuliner,” tuturnya.

Seperti mesin google yang setiap saat memperbaharui algoritmanya. Pengusaha kuliner juga harus peka terhadap perubahan lidah, tenggorokan, atau selera pencinta kuliner dalam menilai makanan dan minuman yang enak. 

Usaha kuliner Sulawesi Selatan tidak boleh hanya berjaya di Indonesia. Tapi juga bisa buka kedai atau cabang sampai luar negeri. 

“Kita berharap pengusaha kuliner yang berhasil meraih penghargaan MMFC makin percaya diri. Membuka cabang di beberapa tempat dan mempekerjakan banyak tenaga kerja,” ungkapnya.

Sementara, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sittiara Kinang mengatakan sektor pariwisata. Terkhusus kuliner mesti bangkit kembali setelah terpukul oleh pandemi Covid-19.

“Ekonomi harus terus bergerak, tapi disertai dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Sittiara juga mengampanyekan program pemerintah kota bernama Makassar Recover. Satu sistem penanganan pandemi Covid-19 di Makassar.

“Masalah kita hari ini adalah kesehatan dan ekonomi, itu tak bisa dipisahkan. Ini harus jalan bersama, sebab itu lahir Makassar Recover,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid mengatakan MMFC merupakan kegiatan yang sangat positif dan memberi banyak manfaat.

“Saya mengapresiasi Makassar Terkini karena kegiatan MMFC terus menjaga kualitas  kuliner di Makassar,” kata wanita yang akrab disapa Maya ini.

Maya mengatakan selama pandemi, sektor pariwisata, termasuk kuliner sangat terpuruk. Sebab itu, MMFC menjadi momentum untuk membangkitkan kuliner yang selama ini sangat terdampak.

“MMFC memfasilitasi, mempromosikan dan memberi penghargaan terhadap pelaku kuliner,” tutup Maya.(*)


BACA JUGA