Rektor UNM, Husain Syam saat pidato Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-60 di Lantai 3 Ruang Teater Menara Pinisi, Senin (02/08/2021)/Ist

Dies Natalis ke-60, UNM Bersiap Jadi PTN Berstatus Badan Hukum

Senin, 02 Agustus 2021 | 19:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Univeristas Negeri Makassar (UNM) memperingati Dies Natalis ke-60 tahun. Rapat senat terbuka puncak perayaan berlangsung secara hybrid di Lantai 3 Ruang Teater Menara Pinisi, Senin (02/08/2021).

Dalam pidatonya, Rektor UNM, Husain Syam mengaku sedang mempersiapkan peningkatan status perguruan tinggi. Dari Badan Layanan Umum (BLU) ke Badan Hukum (BH).

Status BLU yang saat ini disandang UNM didapatny sejak 5 April. Itu ditandai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Keuangan (Menkeu) bernomor 321/KMK. 05/2019 tertanggal 5 April 2019.

“Saat ini UNM melakukan persiapan menuju PTN berbadan hukum atau PTN BH, kami sudah punya tim penyusun PTNBH,” ucap Husain.

Untuk mewujudkan target tersebut, UNM juga akan menghadirkan Badan Pengelola Bisnis (BBP), Development Center, Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan, serta Lembaga Sertifikasi Profesi. Peningkatan kapasitas kelembagaan juga terus digenjot.

Husain menjelaskan, selama periode kepemimpinannya, UNM telah bertransformasi secara kelembagaan dengan berbagai capaian strategis. “Tahun 2018 kita mendapat kepastian Yuridis dengan disahkannya statuta UNM melalui Permenristekdikti nomor 7 tahun 2018.

Selanjutnya, penguatan kelembagaan dengan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UNM yang baru. Dengan mengikuti terbitnya Permenristekdikti Nomor 15 tahun 2019.

Di mana Lembaga Penelitian (Lemlit) dan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) kini bergabung menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).

Beberapa perubahan mendasar juga akan dilakukan yakni Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.

“Kita juga akan hadir di empat pusat studi baru,” tuturnya.

Yakni bidang gender, penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan, pengembangan pemuda dan olahraga, dan pusat studi SDGs.

Rapat senat terbuka ini dihadiri oleh jajaran Wakil Rektor, Guru Besar, Ketua Prodi atau jurusan hingga beberapa dosen UNM. Juga hadir Ketua DPP IKA UNM, Nurdin Halid. Serta Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang hadir secara virtual.(*)


BACA JUGA