FOTO: Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto/Senin, 22 Maret 2021/Agung Eka/GOSULSEL.COM

Kasus Covid-19 di Kepulauan Sangkarrang Nihil, Ini Kata Danny Pomanto

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 00:50 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dari 15 kecamatan di Kota Makassar, Kecamatan Sangkarrang selalu terdeteksi nol kasus Covid-19. Artinya, masyarakat di sana belum ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai sekarang.

Menurut Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto hal ini dikarenakan letak kecamatan tersebut berada di pulau. Sehingga, letaknya yang berada di sekitar air laut, membuat masyarakat di Sangkarrang menghirup udara klorin.

“Iya kan itu mereka hirup klorin, karena disana ada juga tracing disana, covid hunter juga kesana, tapi memang tidak ada kasus,” ujar Danny saat dihubungi, Jumat (06/08/2021).

Diketahui, manfaat klorin adalah menghambat pertumbuhan serta membasmi bakteri dan berbagai jenis mikroba. Klorin sering kali digunakan sebagai penjernih air minum dan kolam renang. Dan sebagian besar klorida terdapat dalam air laut.

“Karena itu kan udara klorin kan, dan memang saya kira harus diintenskan juga tracing. Makanya saya pilih kapal, karena itu klorin,” jelas Danny.

Lebih lanjut, saat ini kasus Covid-19 masih terbilang fluktuatif. Ada sekitar 400 kasus sampai 500 perharinya.

“Naik turun, naik 500 turun lagi 400, jadi gini terlalu banyak OTG dan ini berbahaya sekali karena dia jalan-jalan,” katanya

“Nah ini sekarang bagaimana cara menyadarkan ini OTG untuk tidak di rumah. Jangan kemana-mana, apalagi di warung kopi,” sambung Danny.

Sehingga pihaknya melakukan pemeriksaan antigen massal. Terkhusus di batas kota Makassar

“Makanya tegas prokes ini diikuti dengan swab antigen massal, kan sudah jalan semua, kan sudah jalan apa di perbatasan itu,” tutupnya.

Diketahui, dari update terakhir data Covid-19, ada 515 tambahan kasus Covid-19 di Makasar. Peningkatan ini lebih tinggi dari hari sebelumnya, yaitu 448 kasus.(*)


BACA JUGA