Vaksin Moderna/int

15.840 Nakes di Makassar Belum Disuntik Vaksin Moderna, Ini Penyebabnya

Minggu, 15 Agustus 2021 | 15:25 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 15.840 tenaga kesehatan (nakes) di Makassar masih menunggu menerima penyuntikan vaksin Moderna. Di mana diperuntukkan bagi mereka sebagai garda terdepan dalam melawan COVID-19.

Para nakes terkendala dalam hal persyaratan, yakni telah melewati tiga bulan setelah vaksin kedua.Banyak dari mereka yang masih belum memenuhi syarat tersebut.

Sehingga, para nakes ini tinggal menunggu diberikan vaksin ketiga. Itu setelah dinyatakan selesai vaksin kedua dan telah memenuhi syarat.

“Kalau nakes target 100 persen sudah selesai vaksin satu dan dua. Tapi moderna itu ada persyaratannya. Moderna itu tidak langsung divaksin. Tiga bulan setelah vaksinasi terkahir,” katanya, Minggu (15/08/2021).

Makassar sendiri tercatat sebagai kota yang memiliki jatah vaksin Moderna terbanyak diantara seluruh kabupaten atau kota di Sulsel. Seiring banyaknya nakes yang menangani pasien Covid-19.

“Inikan tersebar di Dinkes Kota, Puskesmas dan seluruhnya kemudian rumah sakit kemudian pemerintah, swasta. Jadi masing-masing mereka minta,” tuturnya.

Berdasarkan data vaksinasi Pemkot Makassar, total sasaran vaksinasi sebesar 1.102.330. Sasaran vaksinasi ini meliputi, SDM Kesehatan sebanyak 15.840, petugas publik 122.151, lansia 101.284, masyarakat umum dan rentan 706.781 dan remaja 156.274.

Adapun syarat mendapatkan vaksin moderna, yakni bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, berusia 18 tahun ke atas. Dan mereka telah mendapat vaksinasi Sinovac dua dosis lengkap serta tidak terkonfirmasi positif dalam waktu 3 bulan terakhir.

Terkait jumlah vaksin moderna yang telah didistribusikan ke Makasaar, Iriani mengaku tak tahu pasti. Karena jatah vaksin langsung tercatat di pihak pemprov sebagai distributor.

Diketahui sebelumnya, vaksin Moderna telah didistribusikan untuk Kota Makassar. Dan sebelumnya sebanyak 10.296 dosis. (*)


BACA JUGA