#

Jumlah Pasien Covid-19 Mengkhawatirkan, Bantaeng Dorong Percepatan Vaksinasi

Senin, 16 Agustus 2021 | 15:02 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BANTAENG, GOSULSEL.COM – Memasuki minggu ketiga bulan Agustus 2021, kondisi kasus Covid-19 di Kabupaten Bantaeng sangat mengkhawatirakan.

Dalam dua minggu terakhir terjadi penambahan kasus sebanyak 97 kasus konfirmasi dan 11 orang diantaranya meninggal dunia.

pt-vale-indonesia

Data ini terkuak dalam Rapat Coffee Morning yang dipimpin langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Senin (16/8).

“Kondisi Covid-19 Kabupaten saat ini cukup mengkhawatirkan bahkan sangat mengkhawatirkan. Terdapat empat kecamatan yang masuk zona merah, dan empat kecamatan masuk zona kuning,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan, memaparkan penjelasan teknis kondisi terkini penanganan Covid-19 di Kabupaten Bantaeng.

“Berdasarkan update data terbaru COVID-19 di Kabupaten Bantaeng terdapat 82 kasus aktif, 73 sedang menjalani isolasi mandiri dan sisanya 9 orang sedang dirawat di rumah sakit. Dalam dua minggu terakhir terdapat kasus meninggal sebanyak 11 orang setelah terkonfirmasi Covid-19,” jelas dr Andi Ihsan.

Jumlah kasus meninggal yang sangat tinggi dalam dua minggu terkahir ini mendapat perhatian serius dari Penanggung Jawab Penanganan Covid-19 di RSUD Prof H M Anwar Makkatutu, dr Saharudin. Dia menyampaikan fakta menarik terkait sejumlah kematian tersebut.

“Hampir semua pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia belum divaksinasi,” kata dia.

Menyikapi fenomena ini, Direktur RSUD Prof H M Anwar Makkatutu, dr Sultan mengajak masyarakat Bantaeng untuk datang ke rumah sakit bila mengalami gangguan kesehatan secara dini untuk mencegah perburukan penyakit, terutama yang bergejala Covid-19 seperti Demam, Batuk, Pilek, Sesak dan Anosmia/Hilang Penciuman.

“Ayo segera periksakan diri anda sedini mungkin bila mengalami gangguan kesehatan berupa batuk, pilek, sesak dan anosmia,” ajak Sultan.

Menutup Coffe Morning, Ilham Syah Azikin menyampaikan beberapa langkah strategis untuk mempercepat penanganan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Bantaeng yakni.

1. Pelayanan vaksinasi di Mall Pelayanan Publik (MPP)
2. Pemberian bantuan sembako bagi yang menjalani isolasi mandiri
3. Sosialisasi massif terkait Protkes dan Vaksinasi ke Masyarakat
4. Rencana Pengaktifan Pusat Isolasi Terintegrasi di Kawasan Pantai Marina


BACA JUGA