Lebih Produktif di Tengah Pandemi, Sekelompok Pemuda di Makassar Bangun Usaha Hidroponik

Rabu, 25 Agustus 2021 | 13:43 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Pandemi Covid-19 yang telah menyerang dunia sejak awal tahun 2020 membuat semua ruang terbatas baik dari segi sosial maupun sektor lainnya terkhusus di bidang ekonomi. Tantangan ini menjadi tantangan yang setiap orang harus hadapi dan harus berinovasi lebih untuk tetap bertahan di situasi sekarang.

Kaju Farm, sebuah usaha yang bergerak di bidang pertanian khususnya budidaya sayuran hidroponik adalah sebuah bukti inovasi yang dilakukan oleh beberapa anak muda ditengah pandemi covid-19 dan sebagai bukti kecintaan dalam Bertani dengan melihat peluang yang besar.

pt-vale-indonesia

Salah seorang founder Kaju Farm, Aldy mengatakan awal mula terbentuknya usaha ini berawal dari adanya sebuah ide untuk membuat usaha yang dapat lebih bermanfaat tidak hanya untuk pertemanan kami tetapi juga untuk orang banyak.

“Alasan memilih usaha hidroponik merupakan pilihan yang berdasar dari pengamatan dari tingginya tren masyarakat mengkonsumsi sayuran, dimana sayuran hidroponik memiliki banyak manfaat dan mudah untuk dipelajari oleh setiap lapisan masyarakat,” jelas Aldy.

Berlokasi di tengah kota Makassar, Kaju Farm menggunakan konsep hidroponik urban farming yaitu sebuah konsep bercocok tanam di lingkungan rumah di tengah kota dengan memanfaatkan lahan dengan sebaik mungkin. Konsep ini menjadi yang pertama digunakan Kaju Farm di Kota Makassar melihat masih banyak pelaku usaha yang lain yang tidak menggunakan konsep ini.

Adhi, salah satu founder juga menambahkan “Kami memulai usaha ini sebenarnya karena kami melihat potensi pengembangan lahan dan permintaan pasar. Terdengar aneh sih berkebun di tengah kota tapi ini sebenarnya yg ingin kami promote bahwa lahan sempit itu tidak bisa kita jadikan alasan untuk tidak memprodulsi sumber makanan sendiri,” tambahnya.

Berawal dari berjualan lewat social media dan kerabat, kini Kaju Farm telah dipercaya untuk menjualkan produknya di supermarket terdekat seperti Gelael supermarket dan Baji Pamai supermarket selain itu, Kaju Farm juga dipercayakan untuk mendukung distribusi sayuran di beberapa UMKM dan restoran yang ada di Kota Makassar.(*)


BACA JUGA